Cafebahasa hadir sebagai sarana edukasi, pembelajaran, komunikasi serta sebagai media informasi bahasa, sastra, seni, opini-artikel, dan hasil mahakarya (proses kreatif). Kirimkan partisipasi Anda melalui email bbg_cla@yahoo.com

Jumat, 18 November 2011

Berita Pelita Raya


Add caption
 Yayasan Pendidikan Pelita Raya Gelar Sanlat
 
KOTA JAMBI, JS-Kemarin, secara keseluruhan siswa SMP, SMA dan SMK Pelita Raya mengikuti pesantren kilat (sanlat), yang direncakan akan digelar selama dua hari. Muradi SPd, Kepala SMP, SMA dan SMK Pelita Raya, mengatakan untuk sanlat tahun ini, seperti tahun-tahun sebelumnya, dimula pada awal ramadhan, dengan dilaksanakan setiap hari Jumat."Sanlat kita ini, sudah berlangsung awal ramadhan. 

Yang dilaksanakan setiap hari Jumat. Dan puncaknya, hari ini (kemarin, red) seluruh siswa, diikuti dalam berbagai kegiatan sanlat dan nantinya, kita juga akan mengadakan buka puasa bersama," jelas Muradi, kepada Jambi Star, kemarin.

Dijelaskan Muradi, dalam sanlat yang diikuti siswa selama dua hari ini, secara keseluruhan diterima oleh siswa, baik muslin dan non muslim. Hanya saja, proses pelaksanaanya diwaktu yang sama, hanya tempatnya dibedakan.

"Untuk yang beragama Islam diaula, dengan menggelar ceramah agama, zikir bersama dan buka puasa bersama. Untuk agama Budha, diisi dengan siraman rohani khusus dari guru agama Budha dan siswa yang beragama kristen lainnya juga menerima siraman rohani dengan tempat yang berbeda," sebut Muradi.

Masih kata Muradi, sanlat yang setiap tahun diikuti siswa Pelita Raya ini, tentunya harus memiliki perubahan bagi diri siswa setiap tahunnya. Seperti, materi yang sering diterima siswa selama sanlat, tentang materi akhlak. Diharapkan, dari materi yang diterima siswa, dapat mengubah kepribadian siswa menjadi lebih baik.

"Saat ini, siswa kita sudah banyak mengalami perubahan. Salah satunya, tentang akhlak dan sopan santun mereka. Dan yang lebih menonjol adalah sifat disiplin mereka selama mengikuti proses belajar mengajar di Pelita Raya, telah mengikuti aturan sekolah," terangnya.

 Sementara itu, selain sanlat dan buka puasa bersama, direncanakan pengurus OSIS Pelita Raya, besok (24/8) akan mengunjungi panti-panti asuhan yang ada di Kota Jambi. Dalam kunjungan mereka, yang juga nantinya akan diikuti oleh para guru Pelita Raya, sekaligus memberikan sumbangan berupa uang dan juga pakaian bekas dan makanan pokok untuk panti asuhan yang ada.

"Pengurus OSIS besok, akan kunjungi panti asuhan yang ada. Dan mereka memberikan sumbangan dalam bentuk uang, pakaian bekas layak pakai dan makanan. Ini, merupakan cara sekolah, juga untuk menanamkan jiwa solidaritas siswa untuk selalu berbagi antara sesama," ujarnya.

Sementara itu, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan, Bambang Setiawan SPd, mengungkapkan untuk tahun ini, ada 850 peserta sanlat yang mengikuti sanlat selama dua hari kedepan. Untuk agama Islam, 450 siswa, Kristen 300 siswa dan budha 100 siswa.

"Saya mengharapkan, agar sanlat dan kunjungan panti nanti, dapat menjadi renungan tersendiri bagi setiap siswa. Dengan begitu, selain siswa selama belajar, dididik untuk menjadi pintar dalam bidang akademik, disisi lain, jiwa sosial, sangat perlu ditanamkan kepada siswa sejak duduk dibangku sekolah. Dengan harapan, mereka nantinya akan memiliki rasa kebersamaan antara sesama dengan saling tolong menolong antara umat beragaman," harap Bambang. (tia)

http://www.jambistar.com/berita-526-yayasan-pendidikan-pelita-raya-gelar-sanlat-dan-buka-puasa-bersama.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar