Cafebahasa hadir sebagai sarana edukasi, pembelajaran, komunikasi serta sebagai media informasi bahasa, sastra, seni, opini-artikel, dan hasil mahakarya (proses kreatif). Kirimkan partisipasi Anda melalui email bbg_cla@yahoo.com

Sabtu, 10 November 2012

Profil Pelita Raya

SELAYANG PANDANG PENDIDIKAN PELITA RAYA JAMBI
 Profil Pelita Raya
 Pada tahun 2003,
Yayasan Pendidikan Pelita Raya hadir di Jambi dengan Akte Pendirian No.57 Tanggal 27 Desember 2003 dan  bergerak dalam bidang pendidikan dengan SK Pendirian Sekolah No.425.11/313/DK/2004 Tanggal 26 Juni 2004.

Identitas Sekolah

Nama Sekolah: Play Group-TK-SD- SMP-SMA-SMK Pelita Raya
Alamat             :   Jl. Kopral Ramli No. 89
                             Tlp. (0741) 571505 www.pelitaraya.com
Kelurahan        :   Pasir Putih
Kecamatan      :   Jambi Selatan
Kota                :   Jambi
Propinsi           :   Jambi

Ket: Play Group-TK
Peran Play Group-TK dalam pertumbuhan dan perkembangan anak sangat besar pada anak usia dini, karena pada usia Play group-TK merupakan masa emas (golden age) pada fisik, kognitif, verbal maupun motoriknya.
Dalam hal ini play Group atau kelompok bermain – Tk Pelita Raya dalam pembelajaran lebih kearah perkembangan dengan permainan guna menggali potensi motorik, dan sosial interpersonal.

Ket: SD
Kemauan yang tinggi untuk mendidik anak merupakan wujud mencerdaskan kehidupan bangsa, begitu juga dengan SD Pelita Raya dengan gaya dan cara belajar yang aktual, dan dilengkapi dengan sarana dan prasarana yang memadai.

Ket: SMP-SMA-SMK Pelita Raya Jambi adalah sekolah yang berbasiskan teknologi dan penguasaan bahasa Mandarin dan bahasa Inggris.
Jurusan Pilihan SMA: IPA, IPS dan Bahasa
Jurusan Pilihan SMK: Multimedia dan Akutansi
Salah satu keunggulan dalam sistem pendidikan dilakukan Terpadu, Atraktif dan Dinamis baik indor maupun outdoor guna memberikan pengalaman sebanyak mungkin kepada siswa, sehingga siswa menjadi kreatif, aktif, mampu berpikir kritis dan merasa enjoy dalam belajar.

Visi, Misi dan Falsafah

Yayasan Pendidikan Pelita Raya mempunyai visi, misi dan falsafah, yaitu:
a.   Visi        :  Menjadikan Lembaga Pendidikan PG-TK-SD-SMP-SMA-SMK Terpadu Pelita Raya menjadi sekolah yang terbaik dalam bidang Mutu, Moral, Sarana dan Prasarana serta Pelayanan.
b.   Misi       : Berperan serta dalam mencapai Tujuan Pendidikan Nasional: Mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia Indonesia seutuhnya, beriman, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berbudi pekerti luhur, memiliki pengetahuan dan keterampilan, kesehatan jasmani dan rohani, kepribadian yang mantap dan mandiri serta tanggung jawab kemasyarakatan dan kebangsaan.
c.   Falsafah : Pendidik dalam mendidik selalu berusaha memberikan yang terbaik untuk anak didiknya, sehingga anak didik mampu menghadapi perkembangan, tantangan dan persaingan, nantinya menjadi Sumber Daya Manusia yang berkualitas.

Motto Pendidikan

Learning By Doing

Fokus Pendidikan
Sekolah Berbasis Teknologi dan Penguasaan Bahasa  Inggris-Mandarin

Tujuan Sekolah

Mencapai Pendidikan yang terbaik melalui penguasaan akan ilmu pengetahuan dan informasi

Penyelenggara
Penyelenggara PG-TK-SD-SMP-SMA-SMK Pelita Raya adalah Yayasan Pelita Raya yang beralamat di Jl. Kopral Ramli No. 89, Pasir Putih, Jambi Selatan, Jambi. Telp. 0741. 571505 www.pelitaraya.com

Keadaan Sekolah

Sekolah PG-TK-SD-SMP-SMA-SMK Pelita Raya dikelola oleh Kepala Sekolah, Guru, tenaga administrasi, tata usaha, karyawan kebersihan maupun keamanan. Tenaga administrasi meliputi bagian Kurikulum, Kesiswaan dan Humas.
Dalam hal ini Sekolah  Pelita Raya didukung oleh:
  1. Tenaga Pengajar/ guru berdedikasi tinggi dan berpengalaman dari berbagai lulusan Universitas terkemuka di Indonesia, bahkan lulusan dari Tionghoa, diantaranya; IPB, ITB, Universitas Gajayana STIKI Malang, UNSRI, Universitas Jambi, Universitas Negeri Medan, Universitas Sumatera Utura (USU), Universitas Gajah Mada (UGM), STMIK NH Jambi, IAIN, UNV. Negeri Padangg, Univ. Negeri Padang,  STIKOM dll.
  2. Tenaga Administrasi yang berdedikasi tinggi dan berpotensi
  3. Karyawan yang loyal dan mempunyai etos kerja yang tinggi
  4. Tenaga BP yang berpengalaman dalam memberi pembinaan kepada siswa

Fasilitas Sekolah

PG-TK-SD-SMP-SMA-SMK Pelita Raya mempunyai berbagai fasilitas yang memadai dalam mendukung proses belajar, mengajar, diantaranya: Perpustakaan yang cakap baca, Lab. IPA/ Matematika, Studio, Auala Serba Guna, Lab Komputer, lap. Basket, lap. Volly, Tenis Meja, Bulu Tangkis, Sarana seni; Angklung, Drumbang, Perkusi dll.

Kegiatan Sekolah

Kegiatan sekolah dilaksanakan dari hari Senin s.d hari Sabtu. Dalam kegiatan sekolah terdiri dari kegiatan Kurikuler dan Ekstra Kurikuler. Kegiatan kurikuler diadakan setiap hari Senin sampai Sabtu. Pembelajaran dengan menggunakan Kurikulum Berbasis Kompetensi. Dalam hal ini siswa-siswi SD-SMP-SMA-SMK yang belum tuntas belajar atau ketinggalan belajar diberikan kesempatan untuk remedial. Setiap hari Sabtu pada jam terakhir diadakan Temu Warga, sedangkan upacara bendera diadakan setiap hari senin dan hari “Kemerdekaan” serta hari Nasional Pendidikan.
Yang lebih menarik ditambah dengan mata pelajaran bahasa Mandarin.
Selain kegiatan kurikuler, Pelita Raya juga mengadakan kegiatan Eksul (Esktra Kurikuler) dengan tujuan untuk mengembangkan petonsi, kreativitas, minat bakat siswa-siswi dalam bidang non formal, untuk itu diambil waktu di luar jam pelajaran. Semua siswa sangat diharapkan untuk ikut berpartisipasi dalam kegiatan ekstra kurikuler tersebut. Beberapa jenis kegiatan ekstra kurikuler salah satunya sebagai berikut:

  • Komputer: Office (Aplikasi Perkantoran), Desain Grafis (Corel, Ilustrator, Freehand, Photoshop, Corel Photo Paint), Bahasa Pemograman, Pascal, C. Viual Basic/Foxpro, Delphi, Pemograman Web (front Page, Dream Weaver), Desain Objek 2/3 Dimensi dan Animasi, Editing Video/ Audio dan Visal effect.
  • Pramuka
  • Les Pelajaran: bahasa Inggris, Matematika, Bahasa Mandarin, Fisika, Kimia dan mata pelajaran lainnya.
  • Kesenian; tari, seni rupa, musik (Gitar,drumband, Piano, Pianika, Seruling Acord, seni suara dan seni teater serta musikalisasi), melukis dan mewarnai (khusus SD)
  • Olah raga: basket, volly ball, Renang, Judo, Bulu Tangkis, Sepak Bola, Tenis Meja
  • Jurnalistik (kepenulisan): puisi, cerpen, arasemen naskah drama, opini, anekdot.
  • Mandarin Club
  • English Club dengan penekanan kepada Conversation (Percakapan)
  • English Day dengan mengharuskan siswa wajib berbicara bahasa Inggris setiap hari Jumat.
 Jam Bertamu:
  • Siswa-siswi yang sedang belajar tidak boleh menerima tamu tanpa seizin Kepala Sekolah
  • Waktu untuk bertamu bagi Wali Murid setiap jam kerja:
  • Waktu        : 07.00 s.d 15.00
  • Tempat      : Ruang Kepala Sekolah
  • Guru menyediakan waktu bertamu bagi wali murid pada waktu istirahat (dengan tujuan supaya tidak menggangu guru yang sedang melakasanakan KBM).
Kerjasama Orang Tua dan Sekolah

Pendidikan  yang baik selalu melibatkan kerjasama antara wali murid dan pihak sekolah. Dalam dunia pendidikan peran utama dan pertama orang tua atau keluarga adalah mendidik anak. Oleh karena itu dalam pendidikan formal peran serta orang tua memegang peran penting. Demi kemajuan bersama, kami mohon kepada Bapak/Ibu untuk memperhatikan segala keperluan belajar demi lancarnya proses belajar mengajar.
Wali murid atau orang tua murid diharapkan untuk selalu membaca pengumuman yang ada di papan pengumuman atau di buku agenda siswa, sehingga tidak terjadi kesalahpahaman. Wali murid harap datang  sendiri apabila ada udangan dari sekolah, baik pada saat pengambilan rapor atau bila ada permasalahan dengan putra-putrinya.

Penutup
Kami mengucapkan beribu terima kasih atas kepercayaan kepada kami dalam mendidik putra-putri Bapak/ Ibu. Dengan kepercayaan ini kami mempunyai semangat untuk mengedepankan kehidupan bangsa dengan cara menyelenggarakan pendidikan. Kendati kami berusaha melakukan yang terbaik untuk mendidik siswa-siswi, namun tetap ada kekurangannya. Kami percaya dengan kerjasama yang baik, maka terciptalah suasana pendidikan yang baik. Apabila ada kesalahan sudilah Bapak/Ibu memaafkan dan memaklumi kami. Semoga, Selayang Pandang ini beruguna bagi Bapak/Ibu semua. Sekian dan terima kasih.

1 komentar: