Cafebahasa hadir sebagai sarana edukasi, pembelajaran, komunikasi serta sebagai media informasi bahasa, sastra, seni, opini-artikel, dan hasil mahakarya (proses kreatif). Kirimkan partisipasi Anda melalui email bbg_cla@yahoo.com

Jumat, 06 Januari 2012

Contoh Draf Pembentukan Ikatan Alumni PBS


Berikut ini diuraikan, contoh penulisan dalam rangka pembentukan Ikatan Alumi Pendidikan Bahasa dan Seni Program Studi Bahasa Indonesia. 
IKATAN ALUMNI PBS PROGRAM STUDI BAHASA DAN SASTRA INDONESIA FKIP UNIVERSITAS JAMBI “IKA BASINDO”
Disusun Oleh: Drs. Larlen, M.Pd
Dosen Prodi Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Jambi

Pendahuluan
IKA BASINDO FKIP UNJA atau kependekan dari Ikatan Alumni Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi merupakan organisasi yang mewadai Lulusan atau Alumni Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia (S1) Pendidikan Bahasa dan Seni (PBS) Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Jambi. Organisasi ini didirikan dengan tujuan adanya keiginginan untuk terjalinnya silahturahmi, komunikasi antar sesama Alumni, maupun sivitas dengan Alumni Program Studi BASINDO  FKIP Universitas Jambi. Ke depan organisasi IKA  BASINDO ini diharapkan akan mampu berperan dalam peningkatan kemampuan, keahalian dan keterampilan Alumni sehingga mampu  meningkatkan peran Alumni bagi masyarakat, sivitas, maupun organisasi, terutama dalam bidang Bahasa, Seni, Sastra dan serta Budaya.
Untuk mewujudkan apa yang menjadi tujuan awal dibentuknya organisai IKA BASINDO FKIP Universitas Jambi ini, maka perlu didukung oleh program-program kerja yang akan dijalankan oleh kepengurusan IKA BASINDO 2012. Program kerja tersebut dibagi menjadi dua mancam, yaitu program kerja jangka pendek dan program kerja jangka panjang. Program-program kerja yang sudah disusun oleh IKA BASIONDO tersebut diharapkan akan menjadi cermin dari usaha untuk melaksanakan visi dan misi berdirinya organisasi IKA BASINDO, sehingga apa yang menjadi cita-cita organisasi akan dapat terlaksana dan diambil manfaatnya oleh semua kalangan masyarakat, khususnya sivitas akademika dan Alumni Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Jambi.
A.  Visi-Misi, Dasar Pemikiran IKA BASINDO, dan Peran Serta Alumni
1.      Visi
IKA BASINDO menjadi organisasi yang mandiri, bermanfaat, dan membanggakan

2.      Misi
IKA BASINDO FKIP Universitas Jambi:
a.       Mewujudkan jejaringan alumni Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia yang kuat.
b.      Mewujudkan sumberdaya alumni yang mandiri dan membanggakan.
c.       Mewujudkan guru yang memiliki dedikasi, dan profesionalisme yang tinggi.
d.      Mewujudkan kemandirian organisasi.
e.       Mengharumkan nama almamater baik di tingkat nasional maupun internasional.
3.      Dasar Pemikiran
Dasar pemikiran diadakannya IKA BASINDO FKIP Universitas Jambi adalah untuk menggerakan kekuatan alumni, maka dari itu diperlukan organisasi atau wadah yang kuat dan profesional. Dengan dibentuknya IKA BASINDO FKIP Universitas Jambi harus bermakna/ bermanfaat bagi Alumni, Universitas Jambi, dan Masyarakat. Dasar pemikiran keberadaan IKA BASINDO harus dituangkan dalam bentuk program dan kegiatan terukur dan terjadwal yang pelaksanaannya didukung pendanaan yang cukup, dapat dipertanggung jawabkan serta transparan. Keberhasilan pelaksanaan program dan kegiatan tersebut sangat ditentukan oleh integritas pemimpin yang menjalankan gerbang organisasi IKA BASIONDO FKIP Universitas Jambi, kesesuaian sumber daya pendukung dan kecukupan pendanaan.
Selanjutnya dasar pemikiran tersebut digagas dari pandangan berikut:
a.      Menciptakan media komunikasi bagi Alumi melalu berbagai media terutama web dan publikasi lainnya.
b.     Menjadi wadah bagi Alumni untuk berbagi informasi lapangan kerja.
c.      Menjadi fasilitator bagi Alumni untuk menambah pengetahuan, kemampuan, keahlian dan ketrampilan melalui kegiatan seminar, workshop, pelatihan dan sejenisnya
d.     Memberikan kontribusi positif bagi program-program kerja Prodi Bahasa dan Sastra Indonesia
4.      Peran Serta Alumni
a.      Sebagai agen terdepan dalam mengemban visi dan misi almamater PBS FKIP Universitas Jambi.
b.     Sebagai agen promosi terdepan (promotion leading agents) bagi keunggulan dan prestasi PBS FKIP Universitas Jambi, melalui aktualisasi diri alumni di dunia kerja.
c.      Berperan aktif mengembangkan dan memajukan almamater.
d.     Berperan aktif membantu almamater dalam menyiapkan lulusan yang bermutu dan berjiwa profesioalisme dalam mendidik dan mengajar.
e.      Berperan aktif membangun kerjasama almamater dengan institusi/ pemerintahan/ perusahaan.

B.  Yel-Yel Alumni, Motto, Mars dan Hymne IKA BASINDO
1.      Yel-Yel IKA BASINDO
2.      Motto IKA BASINDO
3.      Mars IKA BASINDO
4.      Hymne IKA BASINDO

C.  Dasar Penyusunan Kegiatan IKA BASINDO
Keberhasilan pelaksanaan program IKA BASINDO sangat ditentukan oleh integritas pemimpin yang menjalankan gerbang organisasi IKA BASINDO, kesesuaian sumber daya pendukung dan kecukupan pendanaan. Untuk menunjang keberhasilan kegiatan IKA BASINDO menggunakana analisis SWOT.
1.    Kekuatan :
· Jumlah alumni besar dan sebarannya luas khususnya di tingkat nasional.
· Rata-rata mutu lulusan baik (dilihat dari serapan dan penerimaan dunia kerja terhadap lulusan Program Studi Bahasa Indonesia cukup tinggi.
· Banyak alumni yang memiliki jabatan penting di pemerintahan.
· Banyak alumni yang sukses dan menjadi guru yang profesional.
· Jejaring di tingkat fakultas dan khususnya di tingkat jurusan terjalin relatif solid.
· Komunikasi jejaring di tingkat jurusan dan fakultas telah terjadi melalui sarana internet (facebook, website jurusan dan fakultas).

2.    Kelemahan :
·  Dari data, 90% lulusan adalah job sheekers (pencari kerja).
·  Jalinan jejaring belum terbentuk.
·  Masih ada sebagian lulusan yang masih menganggur atau belum siap kerja.
·  Banyak alumni potensial tetapi kurang berdaya dalam pengembangan diri (profesi ataupun usaha).
·  Rasa bangga terhadap almamater dirasa masih kurang, bila ada sifatnya parsial.
·  Belum memiliki data base alumni yang lengkap dan ter update, sehingga dapat diketahui kekuatan dan kelemahan alumni. Data ini penting untuk menentukan arah dan strategi pengembangan organisasi IKA BASINDO ke depan.
·  Belum memiliki profile alumni berbasis data base terkini (baik dalam bentuk buku maupun dalam bentuk website, Twiter, Facebook, Blogspot).
·  Kerjasama alumni dan almamater belum optimal.
·  Peran alumni dalam mengembangkan dan memajukan almamater dirasa masih kurang, bila ada sifatnya temporer dan parsial, dan belum terorganisir.
3.    Peluang :
·  Kerjasama dan peluang menjadi guru/ usaha/karyawan
·  Penyediaan sumber daya profesional yang bermutu dan berjiwa pendidik dan pengajar
4.    Ancaman :
  • Terdapat ikatan alumni lain (adanya Ikatan Alumni Bahasa Indonesia dari Perguruan Tinggi lain), dan sebagian sangat solid dan kuat
5.    Dasar Pemikiran Penyusunan Program IKA BASINDO
a)    Alumni yang paling mengetahui kebutuhan dan persyaratan dunia kerja (khususnya menjadi guru).
b)   Alumni yang paling mengetahui kebutuhan ilmu pengetahuan dan teknologi di dunia kerja, sehingga peran alumni penting dalam ikut mentransfer IPTEK kepada mahasiswa dalam upaya mencetak lulusan Guru yang dibutuhkan dunia kerja.
c)    Alumni Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Jambi harus mampu menggunakan PAKEM dan IPTEK dalam mengajar dan mendidik siswa di dunia kerja/ di lapangan.
d)   Intensifikasi kerjasama alumni-dosen-mahasiswa
e)    Membangun jejaring alumni yang kuat.
f)    Pemberdayaan alumni (penguatan peran alumni): a)  Menjalin kerjasama  Penggalangan dana abadi, b) Pembentukan Badan Usaha, c)  Pengembangan Usaha dan peningkatan kerjasama, d) Peningkatan peran dalam pembinaan dan pemberdayaan masyarakat, e) Organisasi mandiri, bermanfaat dan membanggakan.
6.    Tujuan Kegiatan IKA BASINDO

a)    Pemetaan alumni (sebaran, strata sosial, ekonomi dan politik, profesi, angkatan, dst) membuat  profile alumni, kerjasama, usaha, strategi peningkatan sumber daya alumni dan distribusi bidang pekerjaan). Strateginya dilaksanakan dan diorganisisr oleh setiap angkatan. Strategi ini bisa dilaksanakan dengan komunikasi intensif misalnya dengan membangun website, blogspot, twiter, facebook IKA BASINDO (media internet, dll). Sebaiknya di setiap Kabupaten atau Kota ada koordinatornya.
b)   Pebangunan Website IKA BASINDO  yang dimulai dari pembangunan website IKA BASINDO FKIP Universitas Jambi setiap Kota atau Kabupaten dan integrasi menjadi satu website IKA BASINDO Propinsi Jambi dalam satu website.
c)    Sosialisasi visi misi IKA BASINDO kepada alumni baru melalui suatu kegiatan yang dilakukan yang disampaikan oleh alumni yang berhasil. Dalam kegiatan ini, setiap alumni diberi buku profile alumni dan kartu alumni.
d)   Pelatihan peningkatan sumber daya alumni menuju pemberdayaan dan kemandirian alumni serta bagaimana menjadi guru profesional.
e)    Memberikan atau membagikan informasi terbaru kepada Alumni Bahasa Indonesia FKIP Universitas Jambi, baik Silabus, RPP, Lowongan Kerja, melalui media elektronik (online) dan cetak.
f)    Penguatan organisasi (struktur, organik, sarana-prasarana, keuangan, komunikasi/konsolidasi/sosialisasi, profesional, transparan dan tanggung jawab).
g)   Pengumpulan Dana Abadi (yang nantinya dapat digunakan untuk membuka program baru Bahasa Indonesia, atau untuk memberikan beasiswa kepada mahasiswa Bahasa Indonesia yang mempunyai prestasi, atau kurang mampu).
h)   Pembentukan Badan Usaha IKA BASINDO
i)     Pengabdian dan Partisipasi : Beasiswa, bantuan untuk perkembangan Prodi Bahasa Indonesia dan mahasiswa, bantuan/kegiatan untuk pemberdayaan masyarakat)
j)     Peningkatan prestasi dan peran alumni di kancah Kota, Kabupaten, Propinsi, nasional dan internasional.

7.    Devisi Kegiatan IKA BASINDO
Untuk menjalankan program-program kegiatan dan mewujudkan tujuan organisasi, maka dibentuklah divisi-divisi, untuk masing-masing Kota dan Kabupaten.
a.        Devisi Jaringan dan Kerjasama
Adalah devisi yang mempunyai tanggungjawab dan fungsi:
1)   Melakukan penjaringan anggota baru
2)   Memperkuat jaringan dan kejasama antar sesama Alumni Bahasa Indonesia
3)   Mengembangkan jaringan dan kerja sama dengan organisasi/ individu di luar organisasi IKA BASINDO
b.        Devisi Pegembangan Karir
Adalah divisi yang mempunyai tanggungjawab dan fungsi:
1)   Mencari, mengumpulkan dan memberikan informasi kesempata kerja kepada Alumni.
2)   Mengadakan kegiatan-kegiatan yang bertujuan meningkatkan kompetensi, kemampuan, ketrampilan, dan keahlian Alumni sehingga mempunyai daya saing dalam persaingan global.
3)   Membantu dan mencarikan solusi bagi permasalahan-permasalahan yang dihadapi Alumni dalam dunia kerja
c.         Divisi Kajian dan Penelitian
Adalah divisi yang mempunyai tanggungjawab dan fungsi:
1)   Melakukan kegiatan dan kajian yang  dapat meningkatkan kemampuan dan pengetahuan Alumni BASINDO/ anggota dalam bidang perpustakaan melalui diskusi, seminar, workshop, dan kajian-kajian lain ,serta memberikan informasi penelitian dan kajian melalui media online, atau surat menyurat.
2)   Melakukan kegiatan kajian yang dapat meningkatkan kemampuan dan pengetahuan Alumni BASINDO/ anggota dan memberikan kontribusi positif bagi pengembangan keilmuan dalam bidang keguruan, pendidikan.
3)   Bersama-sama dengan divisi publikasi menerbitkan publikaasi bersifat ilmiah sehingga mampu menampung karya-karya Alumni dan sivitas akademika jurusan Bahasa Indonesia.
4)   Melakukan kerjasama dengan berbagai institusi termasuk sivitas dalam pengembangan kajian dan penelitian bidang ilmu Bahasa dan Sastra Indonesia.
d.        Divisi Penggalangan Dana
Adalah divisi yang mempunyai tanggungjawab dan fungsi:
1)   Melakukan usaha penggalanagan dan melalui berbagai cara termasuk iuran anggota maupun menampung sumbangan dari berbagai pihak yang berkompeten terhadap organisasi.
2)   Melakukan usaha kerjasama dengan pihak-pihak lain baik individu dan organisasi yang mampu memberikan konstribusi positif terhadap keuangan/ pendanaan organisasi.
3)   Menarik iuran keanggotaan organisasi secara rutin.
e.         Divisi Publikasi dan Database
Adalah divisi yang mempunyai tanggungjawab dan fungsi:
1)   Memberikan media bagi Alumni IKA BASINDO untuk saling berkomunikasi melalui (Facebook, Twiter, Blogspot, Website, dan media online atau cetak)
2)   Melakukan pendataan anggota setiap daerah atau Kabupaten dan Kota.
3)   Menerbitkan media publikasi yang berhubungan dengan kegiatan organisasi atau Alumni IKA BASINDO
4)   Membuat dan mengelola data base anggota, portal web dan hal-hal yang terkait.

8.    Program Kerja Jangka Pendek
a)        Pendataan dan Validasi data Alumni.
b)        Perancangan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga IKA BASINDO FKIP Universitas Jambi.
c)        Penjaringan dan Penerbitan informasi kerja..
d)       Pelatihan dan Workshop Teknologi, Seminar Pendidikan dan peningkatan mutu guru.
e)        Melakukan kontak kerjasama dengan organisasi lain dalam bidang pendidikan.
f)         Penggalangan Dana melalui iuran anggota dan usaha lain yang tidak menyimpang dari tujuan organisasi
9.    Program Kerja Jangka Panjang
a)      Temu Alumni dan Musyawarah IKA BASINDO  pada tahun 2012 yang akan mengesahkan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART), dan melakukan pemilihan Pengurus IKA BASINDO Periode 2012.
b)      Pendirian IKA BASINDO  Daerah/Cabang dan Pengurusnya.
c)      Penelitian dalam bidang bahasa, sastra, seni Indonesia.
d)     Penerbitan Jurnal Ilmiah atau Majalah Ilmiah Populer yang dapat menampung karya-karya alumni.
e)      Mengikutsertakan wakil-wakil IKA BASINDO untuk mengikuti konferensi pada tingkat Nasional, Regional dan atau Internasional.
f)       Mengadakan Seminar atau Konferensi Nasional dan atau Internasional dalam bidang bahasa dan sastra Indonesia.

10.    Rencana Program, Kegiatan dan Strategi Pencapaian IKA BASINDO
a)                            Penguatan dan perluasan jaringan Alumni BASINDO FKIP Univerisitas Jambi
1.    Kegiatan
1.1  Koordinasi dan konsolidasi intensif pengurus IKA BASINDO dengan alumni untuk memelihara soliditas jejaring dan konsistensi pelaksanaan program (cabang, daerah dan pusat).
1.2  Penyusunan data base alumni (untuk pemetaan kekuatan dan kelemahan alumni) berbasis web.
1.3  Pembangunan website, blogspot, twiter, facebook yang terintegrasi (seluruh Kabupaten/ Kota sebagai sarana komunikasi alumni.
1.4  Penyusunan Buku Profile IKA BASINDO
1.5  Intensifikasi interaksi/komunikasi diantara alumni dan penyebaran informasi menggunakan media yang tersedia (utamanya website alumni/internet).
1.6  Intensifikasi interaksi/komunikasi mahasiswa dan alumni melalui kegiatan kuliah umum/kuliah tamu, pendidikan dan latihan, pemberian beasiswa.
1.7  Pembekalan untuk penguatan visi-misi IKA BASINDO dan visi-misi IKA BASINDO kepada lulusan dalam membangun integritas dan rasa cinta serta fanatisme lulusan kepada almamater, dan materi ini disampaikan oleh Rektor Universitas Jambi dan Dekan FKIP Universitas Jambi dalam rangka persiapan pelepasan alumni oleh Rektor.
1.8  Pembacaan dan penyerahan piagam pakta integritas alumni, kartu alumni dan buku profile IKA BASINDO  kepada wisudawan oleh ketua IKA BASINDO (Perlu dipikirkan kemudahan thd. akses-akses tertentu bagi pemilik kartu alumni).
1.9  Mengevaluasi pelaksanaan kegiatan (1.1 sd 1.8) dan umpan balik.

2.    Strategi
2.1     Kekuatan jejaring harus dibangun sejak alumni masih menjadi mahasiswa dengan cara melibatkan IKA BASINDO dalam pembinaan mahasiswa. Adapun penguatan jaringan lulusan dibangun mulai di tingkat jurusan, diperluas ke tingkat fakultas, dan selanjutnya ke tingkat universitas (Konteknya memperkuat IKA BASINDO melalui penguatanan cabang masing-masing Kabupate atau Kota). Dalam kontek penguatan jejaring alumni di daerah dilakukan melalui intensitas interaksi dalam bentuk kerjasama atau pembuatan program bersama (multi disiplin) dan  upya meningkatkan rasa bangga terhadap almamater.
2.2     Catatan :
Semua program dan kegiatan yang menjadi agenda KAyUBi terlebih dahulu harus dipahami oleh setiap cabang dan daerah melalui kegiatan sosialisasi.
b)   Pemberdayaan dan peningkatan prestasi alumni serta penguatan organisasi IKA BASINDO
1.    Kegiatan
1.1  Diklat peningkatan kompetensi/keahlian, peningkatan karier/profesi.
1.2  Bantuan modal usaha untuk pengembangan usaha alumni baik secara individu maupun kelompok (usulan dilengkapi busines plan).
1.3  Penyediaan tenaga ahli untuk bantuan supervisi.
1.4  Pembentukan Badan Hukum Usaha (bersama)
1.5  Pembukaan beberapa unit usaha bersama (misalnya diawali dengan usaha simpan pinjam)
1.6  Melaksanakan Rakernas dan Munas
1.7  Mengevaluasi pelaksanaan program dan kegiatan.AD-ART dan program.
1.8  Penyempurnaan AD-ART, tata tertib, penyusunan program baru, dan menyiapkan suksesi kepemimpinan berikutnya.
1.9  Melaksanakan audit (internal/eksternal).
1.10 Mengevaluasi pelaksanaan kegiatan (1.1 sd 1.9) dan umpan balik.
2.    Strategi
Pelaksanaan program ini didasarkan atas peta kekuatan dan kelemahan alumni yang diperoleh dari data base alumni. Program pemberdayaan dilakukan untuk mengurangi kelemahan alumni dan kekuatan alumni didorong untuk mencapai dan meningkatkan prestasi alumni (peningkatan karier atau profesionalisme guru). Penguatan organisasi harus diawali dari kepemimpinan yang kredebel dan memiliki komitmen kuat terhadap visi-misi IKA BASINDO FKIP Universitas Jambi, serta kapasitas tenaga pendukung yang mampu melaksanakan program kegiatan.
c)    Penguatan Pendanaan
1.    Kegiatan
1.1  Penggalangan dana abadi alumni
1.2  Membangun dan memperluas kerjasama
1.3  Iuaran alumni/ bantuan alumni
1.4  Mengevaluasi pelaksanaan kegiatan (1 sd 3)
2.    Strategi
Penguatan pendanaan akan mudah direalisasikan apabila jejaring telah terjalin kuat, pemberdayaan dan peningkatan prestasi alumni telah dicapai dan organisasi IKA BASINDO FKIP Universitas Jambi dilaksanakan secara profesional (transparan dan akuntabel).
d)   Pengembangan dan peningkatan prestasi almamater IKA BASINDO FKIP Universitas Jambi
1.    Kegiatan
1.1  Kuliah umum bersama untuk seluruh mahasiswa baru dengan materi visi-misi IKA BASINDO FKIP Universitas Jambi, tantangan dan peluang dunia kerja, serta kesiapan sumber daya manusia (mandiri, tangguh dan profesional) yang disampaikan di awal semester oleh alumni.
1.2  Pelatihan keahlian dan profesi khususnya bagi mahasiswa semester akhir (teater, drama, penulisan /kewartawanan, dll).
1.3  Bantuan beasiswa bagi mahasiswa berprestasi atau mahaiswa tidak mampu dan bantuan lain dalam mendukung prestasi mahasiswa dalam even-even lomba di tingkat nasional maupun internasional.
1.4  Bantuan dalam penyusunan dan pengembangan kurikulum, serta terlibat dalam penentuan kebijakan strategis IKA BASINDO FKIP Universitas Jambi.
1.5  Bantuan pembangunan sarana (fisik) dan pengadaan prasarana pendidikan (peralatan bahasa sastra Indonesia/ Laboratorium Bahasa.
1.6  Menjalin kerjasama di bidang IPTEK
1.7  Ekspose prestasi Prodi Bahasa Sastra Indonesia  melalui berbagai media informasi yang tersedia secara lokal, nasional, dan internasional.
1.8  Mengevaluasi pelaksanaan kegiatan (1.1 sd 1. 7) dan umpan balik.
2.    Strategi
Program ini dapat diwujudkan dengan meningkatkan peran serta alumni dalam pengembangan Progam Studi Bahasa dan Sastra Indonesia. Strateginya harus memperbanyak interaksi/komunikasi antara alumni (melalui (IKA BASINDO) dan Prodi Bahasa Sastra Indonesia di FKIP Universitas Jambi. Interaksi tersebut antara lain dalam bentuk kegiatan kuliah tamu dan pelatihan oleh alumni, kerjasama, pemberian beasiswa. Dari interaksi ini dapat diketahui informasi tentang kebutuhan Prodi Bahasa Indonesia dan di sisi mana alumni dapat membantu. Sangat penting untuk melibatkan alumni secara aktif dalam penentuan kebijakan strategis, misalnya dalam penentuan arah pendidikan.

11.    Pembuatan Kartu Almuni IKA BASINDO FKIP Universitas Jambi
Informasi terbaru bagi para alumni lulusan Prodi Bahasa dan Sastra Indonesia yang belum memiliki Kartu Tanda Anggota (KTA) Ikatan Alumni Bahasa Indonesia, dapat mengajukan permohonan pembuatan KTA Ikatan Alumni IKA BASINDO di sekretariat IKA BASINDO: Jl. Mendalo Darat PBS Prodi Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Jambi Kab. Muaro Jambi dengan membawa fotokopi ijasah kelulusan, bagi alumni yang tidak bisa datang langsung ke sekretariat dapat mengiirimkan permohonan melalui kontak kami di alamat email: ika_basindo_fkipunja@yahoo.com atau ikabasindo_fkipunja@yahoo.co.id dengan melampirkan hasil scan fotokopi ijasah kelulusan sebagai bukti pernah lulus dari prodi Bahasa dan Sastra Indonesia dan mengirimkan Biaya pembuatan kartu ke Rekening IKA BASINDO. Untuk biaya pembuatan kartu sebesar Rp. 50.000,- sedangkan bagi alumni yang ingin KTA dikirimkan ke tempat asal alumni dikenakan biaya kirim sesuai dengan jarak pengiriman masing masing. Formulir permohonan pembuatan KTA IKA BASINDO dapat didownload di www.ikabasindo-fkipunja.blogspot.com.

1 komentar:

  1. Selamat siang, kalau pada saat mengajukan legalitas untuk forum alumni disekolah atau universitas. Kira-kira dokumen apa saja yang perlu dilengkapi untuk dibawa kesana ya? Terima kasih

    BalasHapus