Cafebahasa hadir sebagai sarana edukasi, pembelajaran, komunikasi serta sebagai media informasi bahasa, sastra, seni, opini-artikel, dan hasil mahakarya (proses kreatif). Kirimkan partisipasi Anda melalui email bbg_cla@yahoo.com

Sabtu, 19 November 2011

Contoh Proposal "PENTAS SENI" Pendidikan Pelita Raya



PROPOSAL
PENTAS SENI TINGKAT SMP/SMA/SMK
SE-KOTA   JAMBI TAHUN AJARAN 2008/2009

         

1.1 Latar Belakang
Pendidikan adalah usaha sadar untuk menyiapkan peserta didik melalui kegiatan bimbingan, pengajaran dan atau latihan bagi peranannya di masa yang akan datang. Garis-garis Besar Haluan Negara (GBHN) 1999–2004 mengamanatkan bahwa salah satu arah kebijakan pembangunan pendidikan adalah mengupayakan perluasan dan pemerataan kesempatan memperoleh pendidikan yang bermutu tinggi bagi seluruh rakyat Indonesia.
Kegiatan pendidikan sebagai realitas sosial adalah merupakan kegiatan yang terarah, karena adalam kegiatan pendidikan dapat dijadikan kegiatan penelitian dan atau dapat dijadikan sebagai objek pemikiran. Proses pemikiran tentang kegiatan pendidikan berjalan secara bertahap dalam arti dalam pemikiran kaum awan, selanjutnya pada tingkat keilmuan. Kegiatan pendidikan sebagai realitas sosial dapat dipikirkan secara reflektif. Pengungkapan reflektif tentang realitas kegiatan pendidikan menyentuh hakekat dan struktur materialitas pendidikan sehingga tersusun disiplin filsafat pendidikan dan wawasan-wawasan pendidikan.
Kalau mencermati mutu pendidikan sekaligus rangkaian misi pendidikan yang dituangkan atau yang tertulis dalam GBHN 1999 “misi pendidikan adalah untuk memperteguh akhlak, moral, budi pekerti, bertanggung jawab, kreatif/inovatif, berdisiplin, berwawasan kebangsaan, cerdas dan memiliki iptek serta memiliki keterampilan”.
Salah satu langkah penting dalam menciptakan dan mengembangkan keterampilan siswa adalah dengan rangkaian atau kegiatan seni. Kegiatan  seni mempunyai manfaat bagi kehidupan manusia. Pentas seni yang direncanakan diadakan bulan Februari tahun 2009 (mendatang) dapat dijadikan wahana untuk menampung kreativitas dan bakat siswa terutama dalam bidang seni dan kreasi. Walaupun manusia dilahirkan dari latar yang berbeda, dari derah yang berbeda, dari bahasa yang berbeda, ternyata dapat dipersatukkan dengan seni.
Salah satunya adalah melalui kegiatan seni dan kreasi seni. Yang mana kegiatan seni dan kreasi selalu diperlukan oleh masyarakat ataupun siswa-siswi kalangan pelajar. Dari masyarakat primitif sampai modern, seni mempunyai peran yang sangat penting. Perkembangan siswa yang demikian memerlukan pendidikan seni sebagai penyeimbang pola pikir, karena dengan kegiatan apresiasi seni dapat membuka pandangan siswa tentang dunia yang kongkrit, unik, dan menakjubkan.
Dalam era modern, seni tidak hanya dinikmati hanya dalam waktu senggang. Seni tidak hanya mengasyikan sebagian orang yang mempunyai perasaan dan intuisi tertentu, tetapi seni mengandung pesan atau misi untuk menyampaikan nilai dari pengalaman estetika seniman, seni mendidik kearah kreativitas artistik yang mempunyai andil dalam membentuk masa depan bangsa.
Seni merupakan salah satu jenis kesenian yang menjadi bagian dari kebudayaan. Kebudayaan yang merupakan hasil cipta, rasa, dan karsa manusia saling mempengaruhi satu sama lain, saling mengagumi, saling menyenangi, dan bukan tidak mungkin dapat terjadi percampuran atau asimilasi kebudayaan (akulturasi kebudayaan). Dengan seni dan kreasi musik dapat membuat siswa merasa bahagia atau terharu, dapat membuat tubuh bergetar, bergerak-gerak, atau menari. Seni kreasi dan seni musik sangat mempengaruhi perasaan (emosi) manusia sehingga musik menjadi lebih populer.
Untuk menciptakan generasi muda khususnya kalangan pelajar yang cerdas, dinamis serta kuat jasmani dan rohani dapat dilakukan melalui kegiatan Pentas Seni dan Kreasi Seni.  Melalui kegiatan pentas seni ini diharapkan dapat menghindarkan anak-anak (generasi penerus) dari pengaruh-pengaruh negatif (Narkoba, dll.) dan membentuk sikap sportifitas berkesenian, disiplin serta semangat berkompetesi, yang pada akhirnya akan tercipta anak-anak berprestasi.
Pentas seni tingkat SMP/SMA/SMK se-kota Jambi yang akan diadakan oleh siswa/siswi SMP/SMA/SMK/ Pelita Raya dijadwalkan akan dibuka oleh Walikota Jambi, Pentas seni bertemakan “Menggugah Semangat Seni, untuk Menikmati, Menghayati, Meresapi, Menjiwai, dan Menilai Keindahan Seni”.
Berkenaan dengan hal tersebut di atas, maka OSIS (Organisasi Siswa Intra Sekolah) SMP/SMA/SMK Pendidikan Pelita Raya Jambi bermaksud mengadakan Pentas Seni untuk Tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Se-kota Jambi.
Melalui kegiatan Pentas seni diharapkan dapat menanamkan rasa nasionalisme dan bangga akan budaya bangsa, mengikat tali persatuan dan kesatuan bangsa. Khususnya bagi kalangan siswa-siswi se-kota Jambi.
Kegiatan Pentas Seni tersebut kami harapkan dapat berjalan dengan baik dan lancar serta dapat dijadikan sebagai kegiatan tetap tahunan dalam menumbuhkan semangat nasionalisme. Kegiatan pentas seni ini juga dimaksudkan untuk memupuk kreativitas, keterampilan serta mejadi salah satu ajang para siswa dalam menampilkan kemampuan di bidang seni. Untuk itu kami sangat memerlukan bantuan, kerjasama dan dukungan dari berbagai pihak, sehingga maksud dan tujuan diselenggarakan Pentas Seni dan Kreasi Seni dapat terlaksana.

1.2  Sasaran Pelaksanaan Kegiatan Pentas Seni
Pelaksanaan Pentas Seni Tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menegah Atas (SMA) dan Sekolah Menegah Kejuruan (SMK) Pelita Raya Jambi ini diutamakan untuk mencari siswa-siswi  yang berpotensi dan bersemangat dalam bidang seni.


Dasar pemikiran diadakannya Pentas Seni adalah  sebagai berikut:
1)      Seni sebagai hiburan dan kesenangan siswa sehingga dapat membahagiakan dan menyehatkan siswa rohani.
2)      Seni sebagai wujud kepribadian luhur bangsa.
3)      Melalui  berkesenian dapat menanamkan rasa nasionalisme dan bangga akan budaya bangsa, mengingkat tali persatuan dan kesatuan bangsa.
4)      Seni dapat digunakan sebagai sarana promosi perdagangan dan perusahaan dalam show, atau iklan pada radio atau televisi.
5)      Seni sebagai sarana pendidikan, yaitu pendidikan formal (sekolah) atau pendidikan pada masyarakat.
6)      Melalu seni dapat meningkatkan hubungan atau kerjasama budaya dengan daerah yang satu dengan daerah yang lain dalam mewujudkan ketertiban, perdamaian, dan kesejehteraan.
7)      Mata pelajaran Pendidikan Kesenian merupakan salah satu mata pelajaran yang dapat membina bakat dan prestasi siswa dalam bidang seni dan kreasi secara umum. Oleh karena itu, pelaksanaan Pentas Seni dan Kreasi Seni Tingkat SMP –SMA-SMK dipandang cukup urgen untuk meningkatkan kualitas dan prestasi siswa  Jambi.

1.3 Bentuk Kegiatan
Bentuk kegiatan  Pentas Seni Tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Mengah Kejuruan (SMK) se-kota Jambi sebagai berikut:
1.      Parade Band/ Festival Band
2.      Pagelaran Tari
3.      Dramatisasi Puisi
4.      Musikalisasi Puisi
5.      Pertunjukkan Teater
6.      Modern Dance dan Tradisional Dance
7.      Vokal
8.      Fashion Show
9.      Baca Puisi

1.4  Tujuan dan Indikator Pelaksanaan Pentas Seni
1.4.1  Tujuan Jangka Panjang
·        Membentuk siswa-siswi agar mampu menghayati unsur seni sebagai bagian dari  nilai-nilai hidup yang perlu dilestarikan.
·        Menggali potensi dan kretivitas siswa-siswi dalam bentuk seni
·        Untuk meningkatkan apresiasi siswa dalam bidan seni
·        Untuk menambah wawasan dan nilai-nilai seni pada kalangan siswa atau pelajar
1.4.2        Tujuan Jangka Menengah
·        Mengolah bakat-bakat seni pada siswa-siswi agar semakin terampil dan berkompeten dibidangnya.
·        Sebagai kontribusi ilmu pengetahuan khususnya bidang seni
·        Siswa-siswi dapat menilai/ berapresiasi terhadap bidang seni yang digelutinya
1.4.3        Tujuan Jangka Pendek
·        Membentuk sikap sprotivitas, disiplin dan semangat berkompetisi
·        Tercipta siswa-siswi berprestasi, cerdas, dinamis dalam bidang seni
·        Mencari bibit-bibit muda yang dapat dibina untuk meraih prestasi yang lebih baik
·        Meningkatkan rasa kebersamaan dan kekeluargaan antara guru, siswa-siswi dan warga sekolah
·        Memupuk jiwa seni pada siswa-siswi dan warga  sekolah

1.5   Hasil Kegiatan
1.5.1  Parade Band
·        Menciptakan musisi-musisi baru dikalangan pelajar
·        Menggali nilai-nilai yang terkandung dalam musik tradisi nusantara
·        Membentuk rasa kebanggaan karya musik
·        Mengungkapkan nilai-nilai estetis dan estetika musik
·        Membentuk life skill khususnya seni musik dalam diri siswa/siswi
·        Siswa/siswi dapat memahami teknik bernyanyi dengan baik dan mengolah vokalya secara baik dan benar

1.5.2.  Dance & Tarian
·        Siswa/ siswi dapat mengolah kematangan emosionalnya melalui gerak tari dan olah tubuh
·        Siswa/ siswi mampu mencerminkan kecerdasan kinestetik atau gerak dalam kehidupan sehari-hari sebagia seorang penari yang profesional dibidangnya
·        Mempergelarkan tari kreasi sendiri dan orang lain secar individual dan kelompok
·        Siswa/siswi mampu menjaga dan mempertahankan nilai tradisi tari

1.5.3  Fashion Show
·        Memperkenalkan mode-mode baru sesuai dengan etika, moral, dan nilai-nilai luhur budaya
·        Memunculkan kader-kader baru sebagai perencang busana, mode, dan bintang iklan

1.5.4 Dramatisasi Puisi, Musikalisasi Puisi, Teater atau Pertunjukkan
·        Menggambarkan tokoh dan perwatakan yang sesuai dengan peran yang diperankannya
·        Menghasilkan tokoh-tokoh baru dalam bidang, sastrawan, dramawan, sutradara, penyair, aktor berdasarkan karya yang dipublikasikannya
·        Mengklasifikasikan karya teater, dan sastra drama berdasarkan sejarah perkembangannya

1.6 Indikator Hasil Kegiatan
Pelaksanaan Pentas Seni Tingkat SMP/SMA/SMK Se-Kota Jambi Tahun 2008 diutamakan untuk meningkatkan kreativitas, keterampilan, kompetensi siswa dalam bidang seni dan untuk meningkatkan hubungan serta kerjasama dalam bidang seni.
 Secara khusus, diharapkan Pentas Seni ini mempunyai indikator sebagai berikut:
  1. Untuk meningkatkan apresiasi siswa dalam bidang seni.
  2. Untuk menumbuhkan sikap menghargai unsur keindahan, menilai, empati terhadap seni (musik, tari, pertunjukkan).
  3. Untuk menambah wawasan dan nilai-nilai seni pada kalangan  siswa atau pelajar.
  4. Membentuk sikap sportifitas, disiplin dan semangat berkompetisi.
  5. Tercipta anak-anak berprestasi, cerdas, dinamis dalam bidang seni
  6. Mencari bibit-bibit muda yang dapat dibina untuk berprestasi yang lebih baik.
  7. Meningkatkan rasa kebersamaan dan kekeluargaan antara Guru, Siswa-Siswi dan warga sekolah.
  8. Memupuk jiwa seni dalam diri Siswa-Siswi dan warga sekolah
1.7  Manfaat Kegiatan Pentas Seni Tingkat SMP/SMK/SMA
1.7.1 Bagi Sponsor
* Sponsor dapat mempromosikan produk-produknya
* Sponsor ikut ambil bagian dalam meningkatkan kegiatan seni
* Sponsor (produk-produknya) akan dikenal oleh khalayak ramai
1.7.2 Bagi Organisasi
* Untuk meningkatkan nilai dan apresiasi seni
* Untuk mengikat kerjasama dengan sponsor terutama dalam mingkatkan seni
* Untuk memupuk jiwa seni
1.7.3 Bagi Siswa/Siswi
* Untuk meningkatkan apresiasi seni
* Membentuk sikap sportivitas, disiplin dan bersemangat seni
* Untuk menumbuhkan sikap menghargai atau menilai suatu hasil seni
1.7.4 Bagi Masyarakat
* Mengetahui kegunaan produk dari sponsor /perusahaan  atas kepeduliannya dalam kegiatan seni
* Untuk meningkatkan apresiasi seni di kalangan masyarakat
* Agar masyarakat mengenal produk-produk dari sebuah perusahaan
1.8   Tema
Pentas Seni ini  bertemakan:
 “Menggugah Semangat Seni, untuk Menikmati, Menghayati, Meresapi, Menjiwai, dan Menilai Keindahan Seni”.

1.9   Waktu dan Tempat  Pelaksanaan
Waktu Pelaksanaan     :
         Hari/Tanggal                  : Jumat dan Sabtu 29 Februari s.d 1 Maret 20008
Pukul                              : 08.00 s.d  17.00
Tempat                           : Lapangan SMP/SMA/SMK Pelita Raya Jambi
Jl. Kopral Ramli No 89 Pasir Putih Jambi Selatan Kota Jambi
2.1  Peserta
Peserta  kegiatan Pentas Seni adalah Sekolah Tingkat Pertama (SMP), Sekolah Menegah Tingkat Atas (SMA) dan Sekolah Menegah Kejuruan (SMK) Se Kota  Jambi.
2.2 Susunan Panitia
            Terlampir
2.3 Susunan Kegiatan
            Terlampir
2.4 Anggaran Biaya
            Terlampir
2.5 Alamat, Kontak Person
Sekretariat Pentas Seni
Kantor Tata Usaha SMP/SMK/SMA Pelita Raya Jambi
Jl. Kopral Ramli No 89 Pasir Putih Kota Jambi – Jambi 0741. 571505
Rekening Panitia
Nama         : SMK PELITA RAYA JAMBI
No. Rek     : 5635-01-010651-53-0
Kanca BRI            : JAMBI
BRI UNIT            : THE HOK
Alamat      : Jl. Kopral Ramli No 89 Pasir Putih-Jambi Selatan-Kota Jambi

2.6  Rencana Monitoring dan Evaluasi Kegiatan
Monitoring dan evaluasi akan disampaikan setelah Kegiatan Pentas Seni terlaksana (bersamaan dengan Laporan Pertanggungjawaban).

2.7 Selayang Pandang Pendidikan Pelita Raya
     Terlampir
2.8 Sponsorship
Terlampir
2.9 Penutup
Demikianlah Proposal Pelaksanaan Pentas Seni Tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) se-kota Jambi disampaikan. Atas kerjasama dan partisipasinya diucapkan terima kasih.     
                                                                                             Jambi, 19 Februari 2008
Ketua Pelaksana                                                                    Sekretaris


Nurrodin                                                                              Regina


Pembina Osis SMP/SMA/SMK                                             Ketua OSIS


Bambang Setiyawan, S.Pd                                                 Siska


Mengetahui,
Kepala SMP/SMA/SMK Pelita Raya



Amron, S.Kom


Lampiran 2.2
SURAT  KEPUTUSAN
KEPALA SMA PELITA RAYA JAMBI
No:     147         / KEPSEK/ XI/2007

TENTANG:
SUSUNAN KEPANITIAAN PENTAS SENI
 TINGKAT SMP/SMA/SMK SE-KOTA JAMBI
TAHUN AJARAN 2007/2008

KEPALA SMA PELITA RAYA

Menimbang      :  Bahwa dalam rangka memperlancar pelaksanaan Pentas Seni Tingkat SMP/SMA/SMK Se-Kota Jambi perlu menetapkan susunan kepanitiaan atau pembagian tugas.

Mengingat        :  1. UU No 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional
                           2. Peraturan Pemerintah No.27 Tahun 1990
                           3. Peraturan Pemerintah No.28 Tahun 1990
                           4. Peraturan Pemerintah No.29
                        5. Keputusan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara No.24/MENPAN/1993
                        6. Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan dan Kepala Badan Administrasi Kepegawaian negar No.57686/MPK/1989 dan No.38/SE/1989.
                        7. Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No.143/MPK/1989.
                        8. Akta Notaris No.57 tanggal 27 Desember 2003 tentang Pendirian Yayasan Pendidikan Pelita Raya
                       9. Keputusan Kepala Sekolah tanggal 17 Juli 2006.

MEMUTUSKAN
Menetapkan     :

Pertama            :  Pembagian tugas dalam kegiatan Pentas Seni Tingkat SMP/SMA/SMK Se-Kota Jambi yang namanya seperti tersebut dalam lampiran 1 Surat Keputusan ini.
Kedua              :  Menugaskan guru untuk membimbing siswa-siswi dalam melaksanakan Kegiatan Pentas Seni Tingkat SMP/SMA/SMK Se-Kota Jambi Tahun Ajaran 2007/2008 yang namanya tersebut dalam lampiran 1 Surat Keputusan ini.
Ketiga              :  Pembagian Ketua Pelaksana, Wakil Ketua, Bendahara, Seksi-Seksi dan Penanggungjawab serta koordinator seperti tersebut pada lampiran.
Keempat          :  Keputusan ini mulai berlaku sejak tanggal di tetapkan dan apabila terdapat kekeliruan dalam penetapannya akan diadakan perbaikan sebagaimana mestinya.
                                                                        Ditetapkan di     :  J A M B I
                                                                         Pada Tanggal     : 17 November 2007
                                                                        Kepala SMA Pelita Raya



 


 
                                                                        A M R O N, S. Kom 






LAMPIRAN 2.2
Lampiran 1:     Surat Keputusan Kepala SMA Pelita Raya
                        Perihal Pembagian Tugas/ Susunan Kepanitian Pentas Seni Tingkat SMP/SMA/SMK Se-Kota Jambi Tahun Ajaran 2007/2008
                        Nomor    147        / SMA PR/XI/2007
                        Tanggal: 17 November 2007

Pelindung                    : B.Lazuardy Syah
Penasehat                    : Kepala SMP/SMk/SMA
Penanggungjawab      : Waka Kurikulum
                                    : Waka Kesiswaan
                                    : Pembina OSIS
Koordinator Umum    : Ketua OSIS

1. Ketua Pelaksana     : Nurrodin
    Wakil  SMA            : Zamsilta       
    Wakil  SMK            : Asmunah
    Wakil  SMP : Stefy
    Bendahara  :  Yandri Susilowati, S.E & Linda Serpia, A.Md
2. Sekretaris   1          : Regina
    Sekretaris    2         : Stevany

SEKSI-SEKSI
3. Seksi Acara                :
    Penanggungjawab     : Ria Molek, S.S & Veronika Ika R., S.Hut
    Koordinator              : Mita
    Anggota                     : Andi Lailatul
                                       : Eva Yuliana
                                       : Hardianti
                                       : Fera Febrianti
4. Seksi Dekorasi           :
    Penanggungjawab     : Saut Silitonga, S.Si & Okmin Naibaho, S.Th
    Koordinator              : Ignatius Kevin
    Anggota                     : Kristanto
                                       : Anjar Adi Sutopo
                                       : Amilludin
                                       : Edwar Juniarto Tamba
5. Seksi Humas              :
    Penanggungjawab     : Mega Afriani W., S.Pd & Imitantyo R.,S.E
    Koordinator              : Regen
    Anggota                     : Andi Inrus Oktalia
                                       : Teddy Wardana
                                       :  Hendri
                                       : Teddy Wijaya
6. Seksi Dokumentasi     :
    Penanggungjawab     : Djoni Hadi, A.Md  & Ir. Isyak Syah
   Koordinator               : Ferdy Wijaya
   Anggota                      : Ignatius Roberta
                                       : Davin
                                       : Martha Surya
                                       : Haryanto

7. Seksi Publikasi           :
   Penanggungjawab      : Amirmahmud, S.E, Ak & Rosdiana, S.Kom
   Koordinator               : Syafarudin
   Anggota                      : Putri
                                       : Martin Wijaya
                                       : Joko
                                       : Septian Gunawan
8. Seksi Perlengkapan   :
    Penanggungjawab     : Judo Soberd, A.Md & Rafael Raya, S.S
    Koordinator              : Osten Hendrik
    Anggota                     : Prima Lexi
                                       : Yulianto Bujang
                                       : Eko Septianto
                                       : Antonius Dwi Purnomo
9. Seksi Konsumsi          :
    Penanggungjawab     : Yenti, S.Pd & Abdrida Oktafia, S.H
    Koordinator              :  Intan
    Anggota                     :  Reni Usliana
                                       :  Melly
                                       : Rut Camra
                                       : Yuli Suherlin
10. Seksi Kemanan        :
   Penanggungjawab      : Joni Ginting & Manasye Damanik, S.Pd
   Koordinator               : Yudi Prawira
   Anggota                      : Heryanto W
                                       : Yohanes L
                                       : Hendri
                                       : Tony Saputra
11. Seksi Usaha Dana    :
    Penanggungjawab     : Bambang Setiyawan, S.Pd & Yandri Susilowati, S.E
    Koordinator              : Erwita
    Anggota                     : Betty
                                       : William
                                       : Andi William
                                       : Ria Oktarina
12. Seksi Kesehatan       :
  Penanggungjawab       : Fransiska Dwi, S.Pd & Efasolina Panjaitan, S.Pd
  Koordinator                : Winda Lestari
  Anggota                       : Lisbet
                                       : Defi Astria Harahap
                                       : Heni Lahman
13. Seksi Tamu              : Reni Gusmita, S.Pd & Lita Pratiwi, S.Si


                                                                                    Ditetapkan di  J A M B I
                                                                                    Pada Tanggal 17 November 2007


                                                                                    Amron, S. Kom
LAMPIRAN 2.3
Tabel 2: Kegiatan 

NO
KEGIATAN
BULAN
Ket
Februari








1
PERSIAPAN




p
a
n
i
t
i
a










2
PELAKSANAAN






















1. Band




29 Februari  – 1 Maret 2008

v

2. Pertunjukkan Seni Tari




29 Februari  - 1 Maret 2008

v

3. Lomba:
a.      Parade Band/ Festival Band
b.      Dramatisasi Puisi
c.       Musikalisasi Puisi
d.      Teater
e.       Modern Dance
f.       Traditional Dance
g.      Fashion Show
h.      Baca Puisi
i.        Vokal





29 Februari – 1 Maret 2008

v

Tempat:
Lapangan SMP-SMA-SMK Pelita Raya
Pukul :
08.30 s.d 16.00





















v




























LAMPIRAN 2.4
Tabel 3: Rincian Anggaran

No

Uraian
Jumlah
Satuan
Harga
Sub Total
Total
1
Seksi Perlengkapan






Sewa Alat Band
1
Set
Rp.  4.000.000,
Rp.4.000.000
Rp.  4.000.000,

Panggung
20
Meter
Rp.  2.500.000,
Rp.2.500.000
Rp.  2.500.000,

Tenda VIP
5
Set
Rp.     400.000,
Rp.1.200.000
Rp.  1.200.000,

Grafity
1
buah
Rp.     300.000,
Rp.   300.000
Rp.     300.000,

Spanduk
4
buah
Rp.     100.000,
Rp.   400.000
Rp.     400.000,







2
Seksi Dekorasi






Dekorasi/teater
4
meter
Rp.    200.000,
Rp.   800.000
Rp.     800.000,







3
Seksi Dokumentasi






Shotting
1
paket
Rp.  1.000.000,
Rp.1.000.000
Rp.  1.000.000,

Foto & Cuci Cetak
2
roll
Rp.       75.000,
Rp.   150.000
Rp.     150.000,

Publikasi/Undangan
250
lembar
Rp.        15000,
Rp.  5 00.000
Rp.     500.000,
4
Seksi Konsumsi






Kons.Guru/Karyawan
80
kotak
Rp.       10.000,
Rp.   800.000
Rp.     800.000,

Kons.undangan
150
Kotak
Rp.       10.000,
Rp.1.500.000
Rp.  1.500.000,

Kons.Siswa/siswi
700
kotak
Rp.         5.000,
Rp.   350.000
Rp.     350.000,

Snack undangan+guru
100
kotak
Rp.         5.000,
Rp.   500.000
Rp.     500.000,







5
Seksi Humas






Transportasi


Rp.       50.000,
Rp.    50.000,
Rp.      50.000,







6
Seksi Keamanan






Honor 2 Polisi
2
orang
Rp.     100.000,
Rp.  200.000,
Rp.     200.000,







7
Seksi Acara






Konstum tari(3 tarian)
1
paket
Rp.     800.000,
Rp.  800.000,
Rp.     800.000,

Stiker Pensi
1000
eks
Rp.           500,
Rp.  500.000,
Rp.     300.000,








Jumlah
Rp.17.050.000,

Keterangan:
Dana yang dibutuhkan untuk pelaksanaan Pentas Seni se-kota Jambi  adalah:
           Rp. 17.050.000,

                         (Tujuh Belas Juta Lima Puluh Ribu Rupiah)
Dana yang tersedia                                                                           Rp.   4.500.000,
Kekurangan Dana                                                                            Rp. 12.455.000,

    (Dua Belas Juta Empat Ratus Lima Puluh Lima Ribu Rupiah)


LAMPIRAN 2.7

SELAYANG PANDANG PENDIDIKAN PELITA RAYA JAMBI

Profil Pelita Raya


Pada tahun 2003,
Yayasan Pendidikan Pelita Raya hadir di Jambi dengan Akte Pendirian No.57 Tanggal 27 Desember 2003 dan  bergerak dalam bidang pendidikan dengan SK Pendirian Sekolah No.425.11/313/DK/2004 Tanggal 26 Juni 2004.

  Identitas Sekolah


Nama Sekolah: Play Group-TK-SD- SMP-SMA-SMK Pelita Raya
Alamat             :   Jl. Kopral Ramli No. 89
                             Tlp. (0741) 571505 www.pelitaraya.com
Kelurahan        :   Pasir Putih
Kecamatan      :   Jambi Selatan
Kota                :   Jambi
Propinsi           :   Jambi

Ket: Play Group-TK
Peran Play Group-TK dalam pertumbuhan dan perkembangan anak sangat besar pada anak usia dini, karena pada usia Play group-TK merupakan masa emas (golden age) pada fisik, kognitif, verbal maupun motoriknya.
Dalam hal ini play Group atau kelompok bermain – Tk Pelita Raya dalam pembelajaran lebih kearah perkembangan dengan permainan guna menggali potensi motorik, dan sosial interpersonal.

Ket: SD
Kemauan yang tinggi untuk mendidik anak merupakan wujud mencerdaskan kehidupan bangsa, begitu juga dengan SD Pelita Raya dengan gaya dan cara belajar yang aktual, dan dilengkapi dengan sarana dan prasarana yang memadai.

Ket: SMP-SMA-SMK Pelita Raya Jambi adalah sekolah yang berbasiskan teknologi dan penguasaan bahasa Mandarin dan bahasa Inggris.
Jurusan Pilihan SMA: IPA, IPS dan Bahasa
Jurusan Pilihan SMK: Multimedia dan Akutansi
Salah satu keunggulan dalam sistem pendidikan dilakukan Terpadu, Atraktif dan Dinamis baik indor maupun outdoor guna memberikan pengalaman sebanyak mungkin kepada siswa, sehingga siswa menjadi kreatif, aktif, mampu berpikir kritis dan merasa enjoy dalam belajar.

Visi, Misi dan Falsafah

Yayasan Pendidikan Pelita Raya mempunyai visi, misi dan falsafah, yaitu:
a.   Visi        :  Menjadikan Lembaga Pendidikan PG-TK-SD-SMP-SMA-SMK Terpadu Pelita Raya menjadi sekolah yang terbaik dalam bidang Mutu, Moral, Sarana dan Prasarana serta Pelayanan.
b.   Misi       : Berperan serta dalam mencapai Tujuan Pendidikan Nasional: Mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia Indonesia seutuhnya, beriman, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berbudi pekerti luhur, memiliki pengetahuan dan keterampilan, kesehatan jasmani dan rohani, kepribadian yang mantap dan mandiri serta tanggung jawab kemasyarakatan dan kebangsaan.
c.   Falsafah : Pendidik dalam mendidik selalu berusaha memberikan yang terbaik untuk anak didiknya, sehingga anak didik mampu menghadapi perkembangan, tantangan dan persaingan, nantinya menjadi Sumber Daya Manusia yang berkualitas.

Motto Pendidikan

Learning By Doing

Fokus Pendidikan
Sekolah Berbasis Teknologi dan Penguasaan Bahasa  Inggris-Mandarin

Tujuan Sekolah

Mencapai Pendidikan yang terbaik melalui penguasaan akan ilmu pengetahuan dan informasi

Penyelenggara
Penyelenggara PG-TK-SD-SMP-SMA-SMK Pelita Raya adalah Yayasan Pelita Raya yang beralamat di Jl. Kopral Ramli No. 89, Pasir Putih, Jambi Selatan, Jambi. Telp. 0741. 571505 www.pelitaraya.com

Keadaan Sekolah

Sekolah PG-TK-SD-SMP-SMA-SMK Pelita Raya dikelola oleh Kepala Sekolah, Guru, tenaga administrasi, tata usaha, karyawan kebersihan maupun keamanan. Tenaga administrasi meliputi bagian Kurikulum, Kesiswaan dan Humas.
Dalam hal ini Sekolah  Pelita Raya didukung oleh:
a.       Tenaga Pengajar/ guru berdedikasi tinggi dan berpengalaman dari berbagai lulusan Universitas terkemuka di Indonesia, bahkan lulusan dari Tionghoa, diantaranya; IPB, ITB, Universitas Gajayana STIKI Malang, UNSRI, Universitas Jambi, Universitas Negeri Medan, Universitas Sumatera Utura (USU), Universitas Gajah Mada (UGM), STMIK NH Jambi, IAIN, UNV. Negeri Padangg, Univ. Negeri Padang,  STIKOM dll.
b.      Tenaga Administrasi yang berdedikasi tinggi dan berpotensi
c.       Karyawan yang loyal dan mempunyai etos kerja yang tinggi
d.      Tenaga BP yang berpengalaman dalam memberi pembinaan kepada siswa

Fasilitas Sekolah

PG-TK-SD-SMP-SMA-SMK Pelita Raya mempunyai berbagai fasilitas yang memadai dalam mendukung proses belajar, mengajar, diantaranya: Perpustakaan yang cakap baca, Lab. IPA/ Matematika, Studio, Auala Serba Guna, Lab Komputer, lap. Basket, lap. Volly, Tenis Meja, Bulu Tangkis, Sarana seni; Angklung, Drumbang, Perkusi dll.

Kegiatan Sekolah

Kegiatan sekolah dilaksanakan dari hari Senin s.d hari Sabtu. Dalam kegiatan sekolah terdiri dari kegiatan Kurikuler dan Ekstra Kurikuler. Kegiatan kurikuler diadakan setiap hari Senin sampai Sabtu. Pembelajaran dengan menggunakan Kurikulum Berbasis Kompetensi. Dalam hal ini siswa-siswi SD-SMP-SMA-SMK yang belum tuntas belajar atau ketinggalan belajar diberikan kesempatan untuk remedial. Setiap hari Sabtu pada jam terakhir diadakan Temu Warga, sedangkan upacara bendera diadakan setiap hari senin dan hari “Kemerdekaan” serta hari Nasional Pendidikan.
Yang lebih menarik ditambah dengan mata pelajaran bahasa Mandarin.
Selain kegiatan kurikuler, Pelita Raya juga mengadakan kegiatan Eksul (Esktra Kurikuler) dengan tujuan untuk mengembangkan petonsi, kreativitas, minat bakat siswa-siswi dalam bidang non formal, untuk itu diambil waktu di luar jam pelajaran. Semua siswa sangat diharapkan untuk ikut berpartisipasi dalam kegiatan ekstra kurikuler tersebut. Beberapa jenis kegiatan ekstra kurikuler salah satunya sebagai berikut:
a.       Komputer: Office (Aplikasi Perkantoran), Desain Grafis (Corel, Ilustrator, Freehand, Photoshop, Corel Photo Paint), Bahasa Pemograman, Pascal, C. Viual Basic/Foxpro, Delphi, Pemograman Web (front Page, Dream Weaver), Desain Objek 2/3 Dimensi dan Animasi, Editing Video/ Audio dan Visal effect.
b.      Pramuka
c.       Les Pelajaran: bahasa Inggris, Matematika, Bahasa Mandarin, Fisika, Kimia dan mata pelajaran lainnya.
d.      Kesenian; tari, seni rupa, musik (Gitar,drumband, Piano, Pianika, Seruling Acord, seni suara dan seni teater serta musikalisasi), melukis dan mewarnai (khusus SD)
e.       Olah raga: basket, volly ball, Renang, Judo, Bulu Tangkis, Sepak Bola, Tenis Meja
f.        Jurnalistik (kepenulisan): puisi, cerpen, arasemen naskah drama, opini, anekdot.
g.       Mandarin Club
h.      English Club dengan penekanan kepada Conversation (Percakapan)
i.        English Day dengan mengharuskan siswa wajib berbicara bahasa Inggris setiap hari Jumat.

Jam Bertamu:
a.       Siswa-siswi yang sedang belajar tidak boleh menerima tamu tanpa seizin Kepala Sekolah
b.      Waktu untuk bertamu bagi Wali Murid setiap jam kerja:
Waktu        : 07.00 s.d 15.00
Tempat      : Ruang Kepala Sekolah
c.       Guru menyediakan waktu bertamu bagi wali murid pada waktu istirahat (dengan tujuan supaya tidak menggangu guru yang sedang melakasanakan KBM).


Kerjasama Orang Tua dan Sekolah

Pendidikan  yang baik selalu melibatkan kerjasama antara wali murid dan pihak sekolah. Dalam dunia pendidikan peran utama dan pertama orang tua atau keluarga adalah mendidik anak. Oleh karena itu dalam pendidikan formal peran serta orang tua memegang peran penting. Demi kemajuan bersama, kami mohon kepada Bapak/Ibu untuk memperhatikan segala keperluan belajar demi lancarnya proses belajar mengajar.
Wali murid atau orang tua murid diharapkan untuk selalu membaca pengumuman yang ada di papan pengumuman atau di buku agenda siswa, sehingga tidak terjadi kesalahpahaman. Wali murid harap datang  sendiri apabila ada udangan dari sekolah, baik pada saat pengambilan rapor atau bila ada permasalahan dengan putra-putrinya.

Penutup
Kami mengucapkan beribu terima kasih atas kepercayaan kepada kami dalam mendidik putra-putri Bapak/ Ibu. Dengan kepercayaan ini kami mempunyai semangat untuk mengedepankan kehidupan bangsa dengan cara menyelenggarakan pendidikan. Kendati kami berusaha melakukan yang terbaik untuk mendidik siswa-siswi, namun tetap ada kekurangannya. Kami percaya dengan kerjasama yang baik, maka terciptalah suasana pendidikan yang baik. Apabila ada kesalahan sudilah Bapak/Ibu memaafkan dan memaklumi kami. Semoga, Selayang Pandang ini beruguna bagi Bapak/Ibu semua. Sekian dan terima kasih.

Penutup
Demikianlah Proposal Pelaksanaan Pentas Seni Tingkat SMP/SMA/SMK se-kota Jambi disampaikan. Kami berharap agar bisa menjadi pertimbangan bagi Bapk/Ibu sekalian, demi lancarnya acara “Pentas Seni Tahun 2008” ini. Atas kerjasama dan partisipasinya diucapkan terima kasih.
                                                                                    Jambi, 19 Februari 19  2008
Ketua OSIS                                                               Ketua


(Siska)                                                                         (Nurrodin)

                                                                                           Mengetahui,
Pembina OSIS                                                Kepala SMP/SMA/SMK Pelita Raya


(Bambang Setiyawan, S.Pd)                         (Amron, S.Kom)

          

Tidak ada komentar:

Posting Komentar