Cafebahasa hadir sebagai sarana edukasi, pembelajaran, komunikasi serta sebagai media informasi bahasa, sastra, seni, opini-artikel, dan hasil mahakarya (proses kreatif). Kirimkan partisipasi Anda melalui email bbg_cla@yahoo.com

Selasa, 22 November 2011

Ikatan Guru Seni Jambi



LAHIRNYA IKATAN GURU SENI KOTA JAMBI
“Meningkatkan dan Menumbuhkembangkan Seni Lokal”
Oleh: Bambang Setiawan, S.Pd

Saya kira semua guru seni di kota Jambi yang mengikuti pelatihan selama seminggu di SMK N 4 Jambi beberapa Minggu yang lalu akan merasa gembira. Sebuah wadah atau komunitas dengan nama Ikatan Guru Seni Kota Jambi menjadi wadah berkumpulnya para guru seni, baik swasta, maupun negeri, yang terdiri dari jajaran SMP, SMA, dan SMK. Kelahiran Ikatan Guru Seni Kota Jambi yang difasilitasi oleh Dinas Pemuda Olahraga Budaya dan Pariwisata ini diharapkan dapat mengikat seluruh guru seni yang ada di kota Jambi.
Kelahiran Ikatan Guru Seni ini, bukan semata-mata untuk mengumpulkan guru seni saja, melainkan kedepan dapat melahirkan ajang-ajang kreativitas dikalangan guru seni di kota Jambi. Pada tanggal 30 Nopember sampai tanggal 5 Desember 2009 Dinas Pemuda Olaraga Budaya dan Pariwisata mengadakan pelatihan Seniman atau guru seni kota Jambi, untuk menumbukembangkan seni lokal. Pada acara pelatihan inilah lahir sebuah komunitas seni dengan nama “Ikatan Guru Seni Kota Jambi”. Dalam pertemuan pertama ini dibentuk atau disusun sebuah pengurus yang amat sederhana. Pengurus ini bertugas memperlancar jalannya roda Ikatan Guru Seni Kota Jambi.
Susunan pengurus Ikatan Guru Seni Kota Jambi yang amat sederhana itu adalah sebagai berikut: Pembina  adalah Kepala Dinas Pemuda Olahraga Budaya dan Pariwisata Kota Jambi. Koordinator adalah Kepala Bidang Seni Budaya dan Kasi Kesenian. Ketua Umum: Dasril, S.Pd (SMA N 5 Kota Jambi) Wakil Ketua 1: Nelwarda. A (SMP N 1 Kota Jambi). Wakil Ketua II: Daup Madraup, S.Pd (SMP Islam Al-Falah Kota Jambi). Wakil Ketua III: Hengky Setiawan, S.Pd (SMP N 12 Kota Jambi). Sekretaris 1: Bambang Setiawan, S.Pd (SMP,SMA,SMK Pelita Raya). Sekretaris II: Drs. Prastoyo (SMA N 3 Kota Jambi). Bendahara I: Eniwarti, S.Pd (SMA N 4 Kota Jambi). Bendahara II: Dyah Setyorini, S.Pd (SMA N 5 Kota Jambi).
Selanjutnya Ikatan Guru Seni Kota Jambi dibantu dengan seksi-seksi. Seksi Sosial: Yusmiarti, S.Pd, Harmi. Tidak lain tujuan daripada dibentuknya Ikatan Guru Seni ini adalah untuk mengakrabkan hubungan atau menjalin komunikasi antar guru-guru seni di Kota Jambi. Dengan adanya komunikasi dan hubungan keakraban ini diharapkan para guru seni di Kota Jambi dapat tukar-menukar ide, pendapat, pengetahuan, pengalaman, dan informasi. Dengan begitu, diharapkan guru seni di Kota Jambi mempunyai kreativitas untuk menumbuhkembangkan seni, khususnya seni lokal Jambi serta giat menulis dalam rangka mencintai seni budaya lokal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar