TEKNOLOGI DAN PENDIDIKAN
Oleh: Drs. Larlen, M.Pd
Secara moral, perkembangan
ilmu pengetauan dan tekonologi harus mengacu pada perkembangan dan peradaban
manusia saat ini. Kemajuan teknologi yang benar adalah dapat menjadikan manusia
semakin maju dalam hidupnya dan semakin menjadi manusia yang bernilai. Peran
teknologi terhadap perkembangan pendidikan saat ini cukup besar terutama dalam
rangka meningkatkan kualitas pendidikan. Pendidikan tanpa teknologi tentunya
hambar. Kemajuan pengetahuan dan teknologi yang semakin luas dalam dunia
pendidikan harus disikapi dengan baik dan tepat. Hasil kemajuan ilmu
pengetahuan dan teknologi sering kali membawa dampak yang negatif, baik bagi
kehidupan manusia itu sendiri, masyarakat, dan lingkungannya.
Dengan dukungan teknologi,
perkembangan ilmu dan pengetahuan saat ini semakin pesat, terutama dalam rangka
meningkatkan pembelajaran. Kehidupan manusia dalam dunia pendidikan semakin
dipermudah terutama dalam mengakses informasi. Selain itu perkembangan
teknologi juga dapat dijadikan sebagai langkah untuk membantu menyelesaikan
masalah. Pendidikan yang baik harus menggunakan teknologi dalam proses
pembelajaran. Apalagi dalam kondisi saat ini, pembelajaran menggunakan
teknologi haruslah dapat menjadikan siswa sadar dan kritis. Teknologi dan
pendidikan diharapkan harus menghasilkan siswa yang memiliki kesadaran akan
pentingnya pendidikan ke depan.
Zaman yang ditandai dengan
meluasnya penggunaan hasil teknologi yang canggih, misalnya internet. Dalam
eksplorasi melalui internet, hampir semua informasi dapat diperoleh oleh siapa
saja, kapan saja, di mana saja. Maka dari itu, saat ini merupakan saat yang
tepat untuk mengaplikasikan tekonologi atau pembelajaran menggunakan teknologi.
Mengapa? Teknologi dalam hal ini internet merupakan kamus elektronik. Dalam
waktu yang sekian detik sudah dapat menyajika informasi yang diharapkan atau
dicari. Dalam dunia pendidikan internet sudah dimanfaatkan sebagai sumber
belajar secara elektronik. Banyak hal yang dapat diakses di internet dalam rangka
meningkatkan kecerdasan peserta didik. Karena internet dapat dimanfaatkan untuk
mendapatkan informasi tentang pengetahuan, hasil penelitian yang baru dan
berbagai metode penelitian atau pembelajaran yang baru. Selain itu internet
juga merupakan sarana untuk mengukomunikasikan berbagai ide ke segala penjuru.
Agar pembelajaran menggunakan
tekonologi bisa berjalan dengan arah yang baik, tentunya siswa harus diarahkan
pada penguasaan konsep yang baik. Mengapa? Penelusuran melalui internet tanpa
arahan yang baik kepada siswa dapat menyebabkan siswa jatuh pada kebiasaan
mencari informasi yang kurang baik, yang berbau hiburan murahan semata. Untuk
itu pendidik atau guru harus mengarahkan siswa pada hal-hal yang baik sehingga
penggunaan teknologi dalam pembelajaran dalam rangka meningkatkan pendidikan
dapat tercapai dengan baik.
Untuk mewujudkan pendidikan
berbasiskan teknologi internet dalam pembelajaran beberapa hal yang harus
diperhatikan yaitu; (a) informasi yang tersedia dapat dipilih dan digunakan
oleh guru untuk memperoleh informasi perihal pengetahuan dan perkembangan
secara baik untuk dijadikan metode pembelajaran yang maju dan untuk melakukan
inovasi yang baru, (b) siswa dapat memperoleh informasi perihal dan pengetahuan
dan perkembangannya saat ini sesuai bidang yang dipelajarinya, (c) guru dan
siswa dapat memanfaatkan internet sebagai media komunikasi antarsiswa dan guru
dalam berbagai kelompok dan diskusi yang bernuansa akademik.
Guna menunjang pendidikan
berbasisikan teknologi haruslah melihat dan mempelajari perkembangan
globalisasi yang ada. Mengapa? Karena globalisasi telah menciptkan dunia yang
terbuka. Dalam artian dengan adanya globalisasi dan teknologi perkembangan
pesat apapun dapat diakses, maka berbagai persoalan yang menyangkut
perkembangan penduduk, hak asasi manusia, pendidikan, pengetahuan, kedokteran,
sastra dapat diperoleh kapan saja dan dimana saja. Perkembangan teknologi dalam dunia pendidikan
telah memfungsikan dirinya sebagai penyedia informasi yang luas. Dengan
demikian, ada banyak sumber informasi (sumber belajar) yang diperoleh siswa
menggunakan sarana teknologi. Sekolah tidak lagi menjadi satu-satunya tempat untuk belajar saja, melaikan
pendidikan disekolah harus diselaraskan dengan berupaya sedemikian rupa sehingga hasilnya dapat
menjadi dasar bagi siswa untuk mengembangkan diri di luar sekolah. Maka dari
itu, mengutip pendapat Paul Suparno “pendidikan di sekolah harus berorentasi
pada peningkatan kemampuan siswa untuk dapat menentukan dirinya yang mampu
membuat banyak pilihan serta mampu membuat keputusan terbaik yang selaras
dengan pengembagannya dirinya”.
Penulis adalah Dosen di FKIP Universitas
Jambi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar