Cafebahasa hadir sebagai sarana edukasi, pembelajaran, komunikasi serta sebagai media informasi bahasa, sastra, seni, opini-artikel, dan hasil mahakarya (proses kreatif). Kirimkan partisipasi Anda melalui email bbg_cla@yahoo.com

Jumat, 18 November 2011

PELITA RAYA GELAR PENTAS SENI


JAMBI – SMP, SMA, dan SMK Pelita Raya Jambi mengadakan Pentas Seni (Pensi). Kegiatan yang digelar di lapangan utama Pelita Raya ini menampilkan beragam cabang kegiatan diperlombakan. Lomba tersebut diikuti perwakilan siswa tingkat SMP dan SMA se-Kota Jambi. Muradi SPd, kepala SMP-SMA dan SMK Pelita Raya mengatakan, jika kegiatan pentas seni tersebut, sebagai ruang bagi siswa untuk mengekspresikan minat dan bakat, khususnya dalam bidang seni. “Pentas seni inikan, salah satu media bagi siswa untuk mengembangkan kegiatan ekstra kurikuler,” ungkapnya di sela-sela kegiatan kemarin.

Menurutnya, selain pengembangan bidang intelektual, pihaknya memiliki tanggung jawab, untuk mengembangkan bidang ektra, salah satunya yakni, melalui  seni tersebut. Dirinya juga menyatakan, menyambut positif kegiatan pentas seni tersebut, karena hal ini, bisa mengurangi aktivitas negative bagi siswa, yang rawan dengan pergaulan bebas. “Kita tahu sendirilah, bagaiman pergaulan anak sekarang, dan mudahan-mudahan kegiatan seperti ini bisa memotivasi siswa untuk melakukan aktivitas positif, dan tidak salah langkah,” jelasnya. Ia katakan, jika kegiatan pentas seni tersebut, merupakan yang ke empat kalinya diadakan di Pelita Raya. Dan, setiap tahunya, kegiatan pentas seni berlangsung dengan meriah.

Dirinya berharap, melalui pentas seni tersebut, mampu menumbuhkan semangat siswa untuk terus berkreasi dan menyalurkan minat dan bakatnya menjadi sebuah prestasi. Selain itu, dalam kegiatan pentas seni tersebut pihaknya meminimalisir siswa kelas XII untuk ikut serta terjun langsung dalam kegiatan, pasalnya, kelas XII sudah mendekati pelaksanaan Ujian Nasioanal (UN) yang bakal digelar April mendatang.
Dirinya menganjurkan, siswa kelas XII untuk lebih fokus pada kegiatan belajar dan memperbanyak latihan-latihan soal UN.

Kegiatan yang mengambil tema “Sensational of Beatiful Art “ tersebut di buka langsung oleh lurah Talang Bakung, dan dihadiri perwakilan dari Polresta, Babinsa, ketua RT setempat dan beberapa tamu undangan lain, serta siswa dari berbagai sekolah tingkat SMP dan SMA se-Kota Jambi.

Ditambahkan Bambang Setyawan SPd, wakil kepala SMP, SMA dan SMK Pelita Raya bidang kesiswaan, bahwa pentas seni tersebut diselenggarakan selama dua hari, yakni tanggal 25-26 Februari. Sedangkan, untuk cabang yang diperlombakan dalam kegiatan pentas seni Pelita Raya, yaitu, festival band, festival modern dance, fashion show, lomba puisi, lomba penulisan artikel dan cerpen. “Untuk pelaksanaan Pensi ini, memang kami laksanakan dua hari, karena peserta yang mengikuti kegiatan ini cukup banyak. Diantaranya, peserta band jumlahnya sebanyak 38 group, solo vocal 18 orang, dan modern dance sebanyak 15 group,” jelasnya.

Ia katakan, melalui pentas seni ini, bakat siswa tingkat SMP dan SMA se-Kota Jambi mendapatkan wadah, sehingga potensi yang dimiliki siswa dapat tersalurkan. Dirinya berharap, kegiatan-kegiatan seperti ini mampu memberikan semangat bagi siswa untuk meningkatkan prestasi, baik dalam bidang ekstra kurikuler maupun bidang akademik. Yang terpenting lagi, menurutnya, melalui pentas seni tersebut, kreatifitas siswa dalam bidang seni dapat berkembang, dan terus berupaya melakukan inovasi. (cak)

SUMBER:
www.metrojambi.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar