Cafebahasa hadir sebagai sarana edukasi, pembelajaran, komunikasi serta sebagai media informasi bahasa, sastra, seni, opini-artikel, dan hasil mahakarya (proses kreatif). Kirimkan partisipasi Anda melalui email bbg_cla@yahoo.com

Jumat, 18 November 2011

Soal-Soal Bahasa Indonesia (D)


YAYASAN PENDIDIKAN PELITA RAYA
SMA PELITA RAYA KOTA JAMBI
Jl. Kopral Ramli No. 89 Pasir Putih ( (0741) 571505
Email : prjambi@yahoo.co.id Website : http://www.pelitaraya.org
 


TRY OUT UN SMA
TAHUN  PELAJARAN  2010 / 2011

Mata Pelajaran       : Bahasa dan Sastra Indonesia
Program Studi       : IPA
Hari/Tanggal           :
Jam                       :

Petunjuk :        Hitamkan pada Lembar Jawaban Komputer (LJK) Anda  A, B, C, D, atau  E  yang kamu anggap paling benar dari soal dibawah ini :


1.        Adanya tata bahasa baku turut mewarnai pengajaran bahasa. Dalam hal ini, pengajaran bahasa mendapat tugas baru dalam mensukseskan visi dan misi diciptakannya tata bahasa baku. Pengajaran bahasa dianggap sebagai wahana formal yang paling tepat untuk mengenalkan dan menanamkan kaidah-kaidah baku dalam berbahasa. Oleh karena itu, muncul anggapan kua bahwa pengajaran bahasa Indonesia di sekolah identik dengan pengajaran bahasa Indonesia baku. Pelajar yang menggunakan bahasa Indonesia tidak sesuai dengan kaidah normatif dianggap memiliki kemampuan berbahasa yang rendah.

Pernyataan berikut ini yang sesuai dengan pengajaran di atas adalah …
A. Pengajaran bahasa Indonesia di sekolah adalah pengajaran tata bahasa baku bahasa Indonesia.
B. Siswa yang menguasai tata bahasa baku bahasa Indonesia memiliki kemampuan berbahasa Indoneisa dengan baik.
C. Contoh bahasa Indonesia baku adalah bahasa yang dipakai oleh seorang pelajar dalam berkomunikasi.
D. Visi dan misi diciptakannya tata bahasa baku akan akan tercapai jika pengajaran bahasa berhasil dengan baik.
E. Sekolah bukan satu-satunya institusi yang mengajarkan dan menyebarluaskan kaidah bahasa Indonesia.

2.        Di sinilah permukiman orang-orang Eropa di Australia bermula, yakni ketika Kapten Arthur Philip datang bersama dengan orang-orangnya yang berjumlah 1.000 orang separuh di antaranya narapidana-pada 26 Januari 1788. Tempat berlabuhnya armada pertama itu semula disebut Port Jackson. Naman ini kemudian diubah menjadi Sydney, mengambil nama menteri dalam negeri, Inggris kala itu.

Pernyataan berikut ini yang tidak sesuai dengan isi paragraf di atas adalah ...
A. Sydney adalah tempat bermulanya permukiman oang Eropa di Australia.
B. Port Jackson adalah nama pealbuhan yang sekarang ini bernama Sydney.
C. Kapten Arthur Philip bersama orang-orangnya berlabuh di Prot Jackson.
D. Sekitar 500 orang narapidana dari Inggris ikut menjadi armada pertama yang berlabuh di Port Jackson.
E. Pada tahun 1788, Sydney menjabat sebagai menteri dalam negeri Inggris.

3.        Mendidik murid bermasalah bukanlah hal yang mudah. Terlebih karena Torey harus melakukannya dengan fasilitas pendukung yang minim, tanpa bantuan asisten pengajar, bahkan harus melawan sistem pendidikan dan rekan-rekan sesama pendidik yang tidak berpihak pada keadaan anak didiknya. Selain itu, kegigihan Torey dalam membimbing murid-muridnya, kali ini juga harus menelan korban, yaitu kehidupan pribadinya sendiri. Pertentangan juga datang dari anak didiknya sendiri, sehingga tidak jarang Torey harus menghadapi situasi yang mencekam. Misalnya, ketika seorang muridnya secara emosional melukai dirinya sendiri dan mengancamnya dengan sebuah gunting tajam. Kecintaannya terhadap anak-anaklah yang membua Torey bertahan untuk tetap mengajar.

Pernyataan bukan hal yang muda dalam kutipan di atas menunjukkan ...
A. Kesulitan fasilitas, sistem pendidikan yang tidak mendukung, dana yang yang kurang, anak didik yang bermasalah.
B. Kesulitan fasilitas, sistem pendidikan yang tidak mendukung, dana yang kurang, anak didik yang berjumlah banyak.
C. Fasilitas kurang memadai, sistem pendidikan yang tidak mendukung, pengorbanan kehidupan pribadi.
D. Kesulitan mengatasi anak bermasalah, sistem pendidikan yang tidak mendukung, dana yang kurang, pengorbanan kehidupan pribadi.
E. Kesulitan mengatasi anak bermasalah, sistem pendidikan yang tidak mendukung, dana yang kurang, anak didik yang bermasalah.

4.        Persaingan antarhotel yang ketat disinyalir menjurus kepada persaingan yang tidak sehat, terutama dengan kian gencarnya perang tarif. Untuk mengatasinya, pemerintah akan melakukan intervensi dengan menghentikan investasi perhotelan di suatu daerah.

Inti persoalan yang dikemukakan pada teks tersebut adalah ....
A. persaingan antarhotel telah berlangsung lama.
B. perang tarif antarhotel merupakan hal yang tidak sehat.
C. persaingan antarhotel cenderung tidak sehat.
D. Pemerintah berusaha menghentikan persaingan itu.
E. Pemerintah belum mulai menghentikan persaingan antarhotel.

5.        Dalam kenyataan berbahasa Indonesia, keberterimaan kaidah baku oleh masyarakat menghadapi suatu problem. Pedoman yang telah dibakukan tidak sepenuhnya dianut atau tidak begitu saja diterima oleh para penutur bahasa Indonesia. Banyak pemakaian bahasa Indonesia oleh masyarakat menyimpang dari kaidah baku yang telah disepakati. Penyimpangan kaidah baku ini disebabkan oleh gengsi dan anggapan negatif terhadap bahsa Indonesia. Hal yang demikian ini menjadikan beban tugas pengajaran bahasa Indonesia menjadi semakin berat.

Jawaban dari pernyataan berikut ini dapat ditemukan dalam kutipan di atas, kecuali ....
A. Apakah yang menjadi kendala keberterimaan kaidah baku bahasa Indonesia oleh masyarakat Indonesia?
B. Bagaimanakah problem yang dihadapi kaidah baku bahasa Indonesia dalam praktek berbahasa Indonesia?
C. Mengapa guru bahasa Indonesia memiliki tugas yang semakin berat dalam pengajaran bahasa Indonesia?
D. Apakah yang dimaksud dengan gengsi dan anggapan negatif terhadap bahasa Indonesia?
E. Bagaimanakah keberterimaan kaidah baku bahasa Indonesia dalam kenyataan berbahasa Indonesia?

6.        Bagi Seto Mulyadi, selaku Ketua Komisi Nasional Perlindungan Anak, yang paling penting sekarang adalah upaya menyiasati pendidikan khusus bagi pekerja anak-anak, tetapi tidak bersifat formal. Oleh karena itu, Depdiknas diharapkan mampu membuka pintu lebar bagi kemungkinan penyamaan kualitas antara anak yang mengikuti pendidikan pada sekolah formal dan pekerja yang mengikuti pendidikan pada sekolah nonformal.

Pesan yang terkandung dalam kutipan di atas adalah …
A. Tidak mungkin menuntu pekerja anak untuk bersekolah.
B. Pemerintah agar membuka pendidikan khusus bagi pekerja anak-anak.
C. Para pekerja memerlukan pendidikan khusus yang sesuai dengan pekerjaannya.
D. Anak-anak lebih mengutamakan sekolah daripada bekerja.
E. Pekerja anak diakui, tetapi pada segi lain, keberadaan mereka ditutup-tutupi.

7.        Enzim adalah molekul protein yang kompleks yang dihasilkan oleh sel hidup dan bekerja sebagai katalisator dalam berbagai proses kimia di dalam tubuh makhluk hidup. Enzim merupakan inti kehidupan yang berfungsi sebagai katalisator seluruh aktivitas dalam metabolisme. Sebagian enzim diperoleh dari tubuh dan sebagian lagi dari makanan.

Enzim buah dan sayur segar memiliki kemampuan alamiah menggantikan fungsi sebagian enzim produk tubuh. Karakter dan struktru atom pada sel buah dan sayurn mirip dengan atom yang terdapat pada sel tubuh manusia. Antaratom tersebut terjadi daya tarik-menarik seperti kutup positif dan negatif pada magnet. Dengan demikian, jika atom pada sel tubuh hilang, sel enzim dari atom serupa untuk mengisi bagian yang hilang itu.

Tema wacana di atas adalah sebagai berikut, yaitu ....
A. Enzim penting sekali bagi kelancaran metabolisme.
B. Enzim merupakan katalisator seluruh aktivitas dalam metabolisme.
C. Enzim buah dan sayur segar bisa berfungsi menggantikan enzim produk tubuh.
D. Struktur dan karakteristik atom buah dan sayuran segar mirip dengan atom tubuh.
E. Kemiripan enzim buah dan sayuran segar dengan enzim tubuh manusia.

8.        Musibah Gunung Merapi merupakan contoh konkret betapa masih banyaknya kekurangan manusia. Dalam peristiwa itu, Direktorat Vulkanologi secara jelas bisa memantau peningkatan kegiatan seismiknya sejak awal November, sehingga jauh-jauh hari, lembaga itu dapat memberi tahu aparat terkait. Akan tetapi, mereka tidak bisa menentukan kapan Merapi meletus.

Pikiran utama alinea di atas adalah…
A. Manusia mempunyai banyak kekurangan.
B. Musibah Merapi memberi contoh.
C. Direktorat Vulkanologi memantau kegiatan seismik.
D. Direktorat Vulkanologi memberi tahu aparat terkait.
E. Mereka tidak tahu kapan Merapi meletus.

9.        Daratan di muka bumi ini, yang terdiri atas benua hingga pulau-pulau kecil, sejak jutaan tahun lalu, terus bergerak dinamis. Konon, dahulu kala, di bumi hanya ada satu benua yang sangat luas. Akan tetapi, akibat aktivitas magma dan perputaran bumi itu sendiri, lapisan bumi dibagian atas pecah menjadi lempeng-lempeng: lempeng benua dan lempeng samudra. Pergeseran lempeng ini mengakibatkan daratan terpencar hingga kondisi seperti saat ini. Perjalanan daratan itu tidak akan pernah usai sepanjang usia bumi ini. Pada proses pergeseran daratan terlihat bahwa Pulau Sumatra hingga Jawa serta sebagian besar Kalimantan bagian selatan dan timur, sejak dahulu merupakan satu kesatuan yang  berada di lempeng Benua Eurasia. Sumatra dan Jawa berada di tepi selatan lempeng ini, dekat dengan pertemuan lempeng Indo-Australia. Lempeng samudra Hindia ke arah barat laut di Sumatra dan frontal ke utara terhadap Pulau Jawa dengan kecepatan pergerakan yang bervariasi. Selama puluhan hingga ratusan tahun, dua lempeng itu saling menekan, namun lempeng Indo-Australia bergerak lebih aktif.

Pergerakannya yang hanya beberapa milimeter hingga beberapa sentimeter per tahun itu memang tidak terasa oleh manusia penghuni bumi ini. Dorongan lempeng Indo-Australia terhadap bagian utara Sumatra 5,3 cm pertahun, sedang dibagian selatannya 6 cm per tahun. Pergerakan lempeng di daerah barat Sumatra yang miring posisinya ini lebih cepat dibandingkan dengan di Jawa yang pergerakannya 2 cm per tahun.

Topik bacaan di atas adalah …
A. Sejarah terbentuknya benua dan pulau.
B. Terbentuknya lempeng pada lapisan bumi.
C. Pergerakan lempeng Indo-Australia mendesak lempeng Eurasia.
D. Posisi Pulau Jawa dan Sumatra pada lempeng Eurasia.
E. Kecepatan dorongan lempeng Indo-Australia terhadap Pulau Sumatra

10.     Pemakaian tanda baca yang benar terdapat dalam kalimat ....
A. Sahlan mengucapkan terima kasih atas bantuan Putut.
B. Semua peserta. yang tidak membawa kartu peserta, harus melaporkan dir ikepada panitia.
C. F. Ratulangi tinggal di Jalan Mawar 5, Pati, Jaa Tengah.
D. Ia harus pulang sekarang, karena sakit.
E. Sahabat saya Amin tinggal di Manokwari. 

11.     Kata bercetak miring dalam kalimat berikut ini termasuk kata baku, kecuali ….
A. Hari ini akan dilakukan gladi resik upacara wisuda.
B. Mereka menghadapi masalah yang sangat kompleks.
C. Dalam menghadapi masalah kelompok, tidak boleh terlalu eksterim.
D. Orang muda harus bekerja keras untuk mengembangkan kariernya.
E. Pemimpin itu memiliki karisma  yang tinggi.

12.     Penulisan gabungan kata yang benar terdapat pada ….
A. Permasalahan tuna wisma itu harus segera ditangani.
B. Perkelahian antar pelajar sering terjadi di kota besar.
C. Pak Karim Hasan menjadi duta besar Swedia.
D. Program Keluarga Berencana menekankan terbentuknya catur warga.
E. Kegiatan ekstra kurikuer dapat meningkatkan kreativitas siswa.

13.     (a) Dewasa ini, telekomunikasi merupakan media komunikasi yang sangat penting peranannya. (b) Kebutuhan telekomunikasi itu dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat, baik kalangan bisnis, pemerintahan, maupun individu. (c) Kebutuhan ini dirasakan pula oleh seluruh tingkatan masyarakat, mulai dari tingkat ekonomi mapan sampai tingkat bawah. (d) Dalam pemakaian sarana telekomunikasi itu, masih diperlukan banyak pertimbangan mengingat tingginya biaya tarif telepon yang berlaku di Indonesia. (e) Tarif telepon yang berlaku di Indonesia, tergolong mahal jika dibandingkan tarif telepon yang berlaku di negara lain.

Dalam alinea di atas terdapat kalimat yang menggunakan tanda (,) yang tidak sesuai dengan kaidah EyD terdapat pada kalimat ….
  1. kalimat (a)
  2. kalimat (b)
  3. kalimat (c)
  4. kalimat (d)
  5. kalimat (e)

14.     (a) Kondisi ekonomi di Indonesia saat ini cukup baik. (b) Hal ini dapat dilihat dari berbagai usaha, baik jasa maupun barang yang berkembang pesat. (c) Salah satunya adalah usaha minimarket yang merupakan bisnis pelayanan. (d) Untuk usaha ini banyak didirikan di daerah yang jauh dari keramaian kota. (e) Fasilitas ini sangat membantu masyarakat dalam mencukupi kebutuhan sehari-hari, seperti sembako dan peralatan rumah tangga sehingga proses akan distribusi barang dari produsen ke konsumen akan semakin mudah.

Dalam alinea tersebut terdapat kalimat yang strukturnya salah. Kalimat yang dimaksud adalah ….
A. kalimat (a)                   D. kalimat (d)
B. kalimat (b)                   E. kalimat (e)
C. kalimat (c)

15.     Pada musim hujan permukiman penduduk digenangi air.
Makna kalimat imbuhan per-an pada kalimat di atas tidak terdapat pada kalimat .....
A. Perkelahian itu terjadi karena salah paham.
B. Percobaan di laboratorium berhasil baik.
C. Sekarang sudah terjadi perubahan sikap pada masyarakat desa.
D. Tempat ini disediakan sebagai daerah perdagangan bagi pedagang kaki lima.
E. Perbedaan bagi pendapat harus kita hargai.

16.     Pencemaran air sungai, sumur penduduk, dan udara oleh sejumlah pabrik industri merupakan masalah utama yang diderita masyarakat yang tinggal di lokasi pabrik atau daerah yang dilalui sungai tercermar ini.
Kalimat luas di atas dibangun dari kalimat yang unsur-unsurnya ....
A. pencemaran, air sungai, sumur, penduduk dan udara.
B. merupakan pabrik industri, masalah, utama
C. masalah, masyarakat, diderita
D. lokasi, pabrik, tinggal
E. masalah, pencemaran, merupakan

17.     Penggunaan kata penghubung yang tidak tepat terdapat pada kalimat .....
A. Hampir pada setiap mata pelajaran, Adin dam Bagus selalu masuk terlambat. Oleh karena itu, keduanya sering dimarahi guru mereka.
B. Bulan lalu kamu meminjam unag Rp 10.000,00; minggu lalu kami meminjam lagi Rp 8.000,00 dan sekarang kamu meminjam uang Rp 7.000,00. Jadi utangmu semua adalah Rp 25.000,
C. Banyak orang mencampuradukan keinginan dengan kebutuhan. Sehinga mereka sering terjerat utang terjerumus dalam kesulitan ekonomi yang berkepanjangan.
D. Mari kita makan siang di Kedai itu; masakannya enak, pelayanannya baik, dan harganya pun murah.
E. Pada setiap akhir semester, dia selalu mendapatkan prestasi yang terbaik di kelasnya. Walaupun demikian, ia tidak sombong pada teman-temannya dan selalu rajin belajar.               

18.     Penggunaan konjungsi korelatif dengan benar terdapat dalam kalimat ….
A. Penerapan nilai Pancasila tidak hanya melalui pemahaman, tetapi juga melalui pengamalan secara prbadi.
B. Penerapan nilai Pancasila bukan hanya melalui pemahaman, tetapi juga melalui pengamalan secara pribadi.
C. Penerapan nilai Pancasila tidak hanya melalui pemahaman, melainkan juga melalui pengamalan pribadi.
D. Penerapan nilai Pancasila bukan hanya melalui pemahaman, melainkan juga melalui pengamalan pribadi.
E. Penerapan nilai Pancasila bukan melalui pemahaman saja, melainkan melalui pengamalan secara pribadi.

19.     Hubungan perbadingan terdapat pada pernyataan ….
A. Kubiarkan dia berlalu sampai tubuhnya lenyap dari pandanganku.
B. Seseorang bertanya kalau-kalau saya memiliki prangko Irak.
C. Aku akan mencintai dia sebagaimana aku mencitai diriku sendiri.
D. Di sana Nenek memiliki rumah berpendopo besar.
E. Hobi mengumpulkan prangko merupakan hobi universal.

20.     Pembangunan pertanian tidak hanya membatasi pada pengembangan tanaman tradisional.
Kalimat di atas dianggap tidak efektif karena pengguna kata yang salah. Kata yang salah adakah .....
A. pembangunan                             D. tradisional
B. tidak                                             E. Tanaman
C. membatasi

21.     Diantara kalimat dibawah ini yang merupakan kalimat efektif adalah ….
A. Hanya dengan sedikit tenaga ia dapat memindahkan benda itu.
B. Tujuan hidupnya adalah mengangkat kehidupan familinnya dari kebodohan.
C. Ia memperoleh banyak keuntungan dengan berdagang  kain kiloan.
D. Dengan waktu yang  sangat singkat dia dapat memperbaiki pesawa televise yang rusak.
E. Akhirnya, ia berhasil mendirikan Yayasan Sosial, seperti yang dicita-citakannya sejak remaja.



22.     Dengan perubahan zaman teah menuntut para pendidik untuk mencari metode-meotode mengajar yang baru.
Kalimat di atas dadapat dijadikan kalimat baku, seperti ….
A. Mengubah menunutut menjadi dituntut
B. Meletakkan pada pendidik pada awal kalimat
C. Menghilangkan kata dengan
D. Menghilangkan kata telah
E. Meletakkan dengan perubahan zamab pada akhir kalimat.

23.     Di bawah ini adalah kalimat-kalimat rancu, kecuali …
A. Untuk pembangunan gedung itu menghabiskan biayara ratusan juta rupiah.
B. Pelaksanaan pembangunan jembatan dilaksanakan selama satu tahun.
C. Sturktur bahasa Indonesia berbeda dengan struktur bahasa asing.
D. Kepada bapak dan ibu sekalian harap mengambil snack dan minuman di ruang istirahat.
E. Dalam rapat itu membciarakan biaya SPP.

24.     Deretan kata yang berbentuk kalimat terdapat pada …..
A. Pengaruh tayangan kekerasan terhadap perilaku manusia, khususnya remaja.
B. Perjuangan melawan penindasan dan ketidak adilan yang hasu dilakukan oleh semua orang.
C. Menghilangnya BBM menjelang diberlakukannya tariff baru oleh pemerintah.
D. Tingginya angka kecelakaann di jalan raya merupakan salah satu indicator kurangnya tingkat kesadaran berkedaraan kita.
E. Bupati yang akan melakukan peninjauan ke berbagai wilayah kecamatan di wilayahnya itu.

25.     Mangga gedong gincu mengeluarkan aroma yang sangat harum.
Pola kalimat yang sama dengan pola kalimat di atas terdapat pada kalimat .....
A. Lahan-lahan yang kurang produktif dimanfaatkan sebagai perkebunan mangga.
B. Negara-negara tujuan ekspor mangga gedong gincu adalah Jepang, eropa, dan Timur Tengah.
C. Populasi pohon mangga di Indramayu cukup besar.
D. Setiap kioas menjajakan mangga gedong gincu berwarna hijau.
E. Aroma mangga gedong gincu tercium pada jarak 2-3 meter.

26.     Ayam yang dibalut dengan roti dan kemudian digoreng menjadi kegemaran anak-anak untuk dijadikan lauk pendamping nasi.

Diantara kalimat di bawah ini yang sepola dengan kalimat di atas adalah ….
A. Waktu yang terasa semakin sedikit, ketergesa-gesaan, membuat banyak orang cenderung memilih hal yang serba praktifs.
B. Meski jenis makanan kaleng dari waktu ke waktu cenderung bertambah variasi-variasinya, penjualan makanan dalam kaleng tidak segencar makanan seperti nugget misalnya.
C. Bumbu-bumbu instant yang ditawarkan dan variasinya kian hari kian bertambah memberikan alternative untuk penyiapan yang serba cepat.
D. Untuk mengawetkan makanan supaya tahan lama, ada berbagai cara yang biasa digunakan, yakni sterilisasi, memangang atau mengasapkan.
E. Para ilmuwan senyawa kimia telah menemukan senyawa kimia dari tubuh manusia yang bias mengusir nyamuk, merencanakan akan menjadikannya obat  antihama yang tidak berbau.

27.     “Saya tidak tahu pukul berapa akan tiba, tetapi sedapat mungkin tidak terlambat,” kata Mila kepadaku.
Makna kata sedapat dalam kalimat di atas sama dengan makna kata bercetak miring dalam kalimat …..
A. Setahuku, ia tidak begitu suka mendengarkan musik klasik.
B. Orang sekampung sudah mengetahui dia yang membuhuh sopir taksi itu.
C. Para relawan langsung sibuk bekerja setibanya di Banda Aceh.
D. Saya mencari anjingku yang hilang di segenap penjuru.
E. Ombak setinggi gunung menyapu kota dan kampung di daerah Aceh.

28.     Kini lembaga penelitian itu telah dilengkapi dengan peralatan sophisticated.
Padanan kata yang tepat dari sophisticated dalam kalimat itu adalah …..
A. modern                                        D.terkini
B. canggih                                        C.terwaris
C. baru


29.     Tidak dapat disangkal …. ada hubungan erat antara kondisi ekonomi dengan kekuasaan pertahanan keamanan suatu bangsa …. , kondisi ekonomi yang baik memberikan dukungan pada terjaminnya pertahanan dan keamanan Negara ….., pertahanan keamanan yang memadai dapat memberikan suasana yang kondusif bagi perkembangan ekonomi …..hubungan antara ekonomi dan pertahanan keamanan dapat diibaratkan sebagai dua sisi dari sekeping mata uang.
Kata-kata yang tepat untuk melengkapi bacaan di atas adalah …
A. bahwa, di sini, di lain pihak, dengan begitu.
B. jika, di satu pihak, sementara di pihak lain, dalam hal ini
C. bahwa, di satu sisi, di sisi lain, sehingga
D. bahwa, si satu sisi, sementara di sisi lain, dengan demikian
E. jika, dalam hal ini, di samping itu, sehingga

30.     Seorang pelukis yang kaya akan ekspresi seni mampu menangkap fenomena alam dan merealisasikannya dalam bentuk lukisan yang menarik. Kenyataan ini menjukkan bahwa goresan kuas dan kanvas merupakan refleksi  batin seorang pelukis atas pemahamannya terhadap alam.

Kata-kata yang digarisbawahi pada kutipan di atas dapat diganti dengan kata-kata ......
A. Jiwa-gejala-menggambarkannya-cerminan
B. Ungkapan-gejala-menggambarkannya-cerminan
C. Ungkapan-gejala-mewujudkannya-cerminan
D. Jiwa-suasana-mewujudkan-cerminan
E. Jiwa-suasana-melukiskan-situasi

31.     Setelah berkali-kali mengalami musibah bajir, akhirnya warga masyarakat di wilayah tersebut menggerakkan seluruh potensi yang ada untuk bersama-sama menanggulangi dan mencengah kejadian yang serupa. Disamping itu mereka juga bersama-sama melakukan pemugaran tempat bersejerah yang ada di daerah tersebut. Dalam menjalankan pekerjaan ini, mereka menerima bantuan sejumlah uang dari pemerintah untuk membeli bahan-bahan yang diperlukan.

Kata-kata berikut ini yang merupakan istilah sebagaimana diilustrasikan dalam kutipan di atas adalah .....
A. Kooperatif, inovasi, subsidi
B. Sinergis, rehabilitasi, subsidi
C. Koordinasi, rehabilitasi, donasi
D. Sinergis, renovasi, subsidi
E. Kooperatif, renovasi, subsidi

32.     Dengan demikian, tak usahlah di sini saya katakan lagi bahwa pembabakan waktu sejarah sastra selalu bersifat nisbi. Kenisbian itu bukan hanya menjadi ciri khas pembabakan waktu sejarah sastra (Indonesia) saja, tetapi juga menjadi ciri umum periodisasi sejarah.
Dilihat dari isinya kutipan di atas dikutip dari karangan .....
A. Cerita pendek                              D. resensi
B. Esai                                             E.kritik
C. Novel

33.     Penulis berharap agar mahasiswa setelah membaca tulisan ini dapat menangkap dan memahami maksud yang tertuang dalam artikel tersebut. Atas dasar pemahaman tersebut, diharapkan mereka dapat menggunakan kaidah-kaidah bahasa Inggris secara baik dan benar sehingga diperoleh keterampilan berbahasa, khususnya kemahiran berbahasa Inggris.
Kutipan di atas merupakan petikan bagian kata pengantar tulisan ilmiah, harapan penulis tersebut melatarbelakangi oleh beberapa masalah, kecuali ….
A. Kemampuan bahasa Inggris mahasiswa belum sesuai dengan yang diharapkan.
B. Kemahiran berbahasa Inggris mahasiswa masih rendah.
C. Mahasiswa kurang menguasai kaidah bahasa Inggris yang benar.
D. Penulis berharap mahasiswa bisa memahami isi artikel yang ditulisnya.
E. Penguasaan kaidah bahasa Inggris berpengaruh terhadap kehamiran berbahasa Inggris.

34.     Pekerjaan analisis ini dimaksudkan untuk mengenali retorika penulis Indonesia yang terwujud dalam artikel (khususnya yang diterbitkan diharian Kompas). Retorika yang dimaksud dalam tulisan ini adalah pola berpikir dan mengungkapkan gagasan untuk menghasilkan karya tulis dalam bentuk artikel. Dengan melakukan analisis artikel harian Kompas, diharapkan dapat dikenali pola retorika Indonesia.

Berdasarkan isinya, kutipan di atas merupakan penggalan dari karya ilmiah, khususnya penggalan dari bagian….
A. kata pengantar                            D.pembahasan
B. pendahuluan                               E.penutup
C. kerangka teori

35.     Dalam kehidupan sehari-hari, frase harga naik  diganti dengan harga disesuaikan.
Penggantian ini menggunakan majas .....
A. hiperbola                                     D.eufeisme
B. pleonasme                                   D.litotes
C. tautologi

36.     Tinggalah tuan tinggalah nyawa
Sepanjang hari segenap masa
Pikiran Kanda hanyalah kemala
Dilindungi Tuhan Yang Maha Kuasa
Baik-baik adikku tinggal
Aduhai kekasih emas tempawan
Kasih Kanda demi Allah kekal
Kepada Tuhan emas rayuan

Gaya bahasa seperti pada puisi di atas serupa dengan gaya bahasa dalam kalimat ….
A. Musuh sering merupakan musuh kawan yang akrab.
B. Perahu itu menggergaji ombak.
C. Matahari baru saja kembali ke peraduannya.
D. Ia sedih sekali mengalami peristiwa itu.
E. Kesedihanku hanya kepada Allah semata kuserahkan.

37.     Peribahasa yang bermakna ‘kewaspadaan’ adalah ….
A. Berjalan peliharalah kaki, berkata peliharalah lidah.
B. Air tenang menghayutkan.
C. Karena nilai setitik, rusak susu sebelangga.
D. Mati semut karena gula.
E. Setinggi terbang bangau hinggapnya ke kubangan juga.

38.     Orang yang mendapat untung besar tanpa disangka-sangka, biasa dinyatakan dengan peribahasa ....
A. Bagai mendapat kepala sapi
B. Ibarat ditimpa hujan rahmat.
C. Bagai mendapat durian runtuh.
D. Seperti kelapa menjadi minyak.
E. Ibarat mimpi kejatuhan bintang.

39.     Apabila kita melaukan suatu pekerjaan, hendaknya menyelesaikan sampai tuntas.
Pernyataan di atas sesuai dengan peribahasa ....
A. Sekali merengkuh dayung, dua tiga pulau terlampaui.
B. Esa hilang dua terbilang.
C. Bagai api dalam sekam.
D. Berlayar sampai ke pulau, berjalan sampai ke batas.
E. Kasih ibu sepanjang jalan, kasih anak sepanjang galah.

40.     Kalimat yang tepat digunakan dalam surat adalah ....
A. Bersama surat ini saya beritahukan bahwa hari ini saya tidak dapat hadir kuliah.
B. Demikian surat ini. Atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.
C. Mengingatnya pentingnya acara tersebut, kami mengharapkan kehadiran Saudara tepat pada waktunya.
D. Sebelum dan sesudahnya dan atas semua perhatinnya, kami sampaikan terima kasih.
E. Dengan segala hormat, dengan melalui surat ini, saya dengan senang hati menunggu kehadiran Anda.

41.     Berikut ini adalah kalimat penutup surat yang tepat, kecuali ...
A. Tugas ini agar dilaksanakan dengan sebaik-baiknya.
B. Tugas ini harap dilaksanakan dengan penuh tanggungjawab.
C. Tugas ini harap diketahui dan dillaksanakan sebaik-baiknya.
D. Surat tugas ini harap dilaksanakan sebaik-baiknya.
E. Kami melaksanakan selamat melaksanakan tugas ini.

42.     Perhatikan pernyataan berikut ini!
Pernyataan khusus          : Dodi penduduk Surabaya, sudah berumur 17 tahun.
Simpulan                         : Dodi wajib memiliki KTP.
Pernyataan umum yang tepat untuk silogisme di atas adalah …
A. Setiap warga negara wajib memilii KTIP.
B. Warga negara Indonesia yang sudah berumur 17 tahun wajib memiliki KTIP.
C. Setiap warga negara Indonesia yang sudah berumur 17 tahun wajib memiliki KTP.kekurangan novel yang diresensi
D. Setiap warga negara Indonesia yang sudah berumur 17 tahun wajib ber- KTP.
E. Semua warga Surabaya wajib memiliki KTP karena sudah berumur 17 tahun.

43.     Kalimat berikut yang termasuk kalimat bernalar adalah ....
A. Di daerah pedalaman banyak membutuhkan tenaga guru SLTA dan SLTP.
B. Gembong pemberontak itu berhasil diringkus oleh aparat keamanan.
C. Masalah itu minta diselesaikan sampai tuntas agar tidak menjadi beban.
D. Jika melalui gang ini, naik kendaraan bermotor diharap turun.
E. Yang merasa kehilanan kartu ujian dapat mengambil di sekretariat.

44.     Boim akan meneliti kemampuan sisa kelas XI SMA dalam menulis karangan ilmiah. Dalam proposal penelitiannya, Boim mencantumkan pijakan dasar yang mengatakan bahwa menurut kurikulum yang berlaku, siswa kelas XI SMA telah diajari menulis karangan ilmiah.

Pernyataan Boim yang dijadikan pijakan dasar penelitian disebut .......
A. hipotesis                                      D. interprestasi
B. asumsi                                         E. solusi
C. prediksi

45.     kalau tidak karena pPuan (1)
tidak bintang meninggal hari (2)
kalau tidak karena Tuan (3)
tidak beta sampai kemari (4)

Makna sajak di atas terdapat pada baris ....
A. (1) dan (2)                                   D. (1) dan (3)
B. (2) dan (3)                                   E. (2) dan (4)
C. (3) dan (4)

46.     Saya tak mengerti
Tentang kematian
Tetapi mengerti sekali tentang diri
Tak mengenal benar akan kelahiran
Tapi sadar akan cinta

Makna yang terkandung dalam bait puisi di atas adalah  ….
A. Apalah artinya tentang dri, yang penting urusan mati.
B. Penyair tidak tahu benar tentang kematian sehingga belum rela mati.
C. Yang lebih penting bukan urusan lahir atau mati, tetapi kehadiran diri dan cinta.
D. Sadar akan kematian dan kelahiran sama denan sadar akan kehadiran diri sendiri.
E. Penyair tidak peduli pada lahir, mati, dan cinta.

47.     Semua karya sastra berikut berbentuk prosa kecuali ...
A. Layar Terkembang oleh Sutan Takdir Alisjahbana
B. Salah Asuhan oleh Marah Rusli
C. Robohnya Surau Kami oleh A.A. Navis
D. Burung-Burung Manyar oleh Mangunwijaya
E. “Surat Kertas Hjau” oleh Situmorang

48.     Dari sebuah kantung keranjang di dalam keranjang besar, Wak Katok mengeluarkan daun ramu-ramuan. Mereka membersihkan luka-luka pak Balam dengan air panas dan Wak Katok menutup luka besar di betis dengan ramuan daun-daun yang kemudian mereka bungkus dengan sobekan kain sarung Pak Balam. Wak Katok merebus ramuan obat-obatan sambil membaca mantera-mantera. Dan setelah air mendidih, air obat dituangkan ke dalam mangkok, dari batok kelapa. Setelah air agak dingin, Wak Katok meminumkannya kepada Pak Balam sedikit demi sedikit.
   (Mocthar Lubis, Harimau, Harimau)

Masalah yang diungkapkan dalam kutipan tersebut adalah …..
A. Kesetiakawanan
B. Pengobatan
C. Penghianatan
D. Kebudayaan
E. Penderitaan

49.     Perhatikan kutipan novel berikut ini!
“Aduh, ada Nenek dekat di sini.” Ucapan Sutan seakan melepaskan mereka dari kekuatan gaib yang memukau mereka. Pak Haji menyela, “Barangkali dia lagi berburu.”
“Jangan-jangan, dia lagi memburu rusa ini, “kata Pak Balam yang selalu cepat melihat segi yang tegelap dari setiap keadaan.
“Ah, tadi di sana,”kata Buyung membela diri, “Rusa jantan ini malahan menunggu-nungggu betinanya ketika kami tiba. Kalau dia diburu oleh si Nenek, tak akan dia memanggil-manggil betinanya di sana.”
“Ah, benar juga,”kata Sanip, merasa lega.
“Paling baik, rusa ini cepat kita kemasi, dan kita dapat berangkat meninggalkan tempat ini, “kata Pak Haji.
      (Mocthar Lubis, Harimau, Harimau)
Yang diperbincangkan dalam kutipan di atas adalah ...
A.       pemburu                             D. Pak Haji
B.       harimau                              E. hasil buruan
C.       rusa jantan

50.     Hidup Pak Rambutan! Hidup rakyat!
Saya tersedu, Bu.
Belum pernah seumur hidup
Orang berterima kasih begitu jujurnya
Pada orang kecil seperti kita

Melihat gaya bahasa dalam cuplikan di atas, dapat dinyatakan bahwa cuplikan itu termasuk karya sastra angkatan …
A. 1908                                            D. 1945
B. 1928                                            E. 1965
C. 1933

Tidak ada komentar:

Posting Komentar