Cafebahasa hadir sebagai sarana edukasi, pembelajaran, komunikasi serta sebagai media informasi bahasa, sastra, seni, opini-artikel, dan hasil mahakarya (proses kreatif). Kirimkan partisipasi Anda melalui email bbg_cla@yahoo.com

Jumat, 18 November 2011

Soal-Soal Bahasa Indonesia SMA (B)


YAYASAN PENDIDIKAN PELITA RAYA
SMA PELITA RAYA KOTA JAMBI
Jl. Kopral Ramli No. 89 Pasir Putih ( (0741) 571505
Email : prjambi@yahoo.co.id Website : http://www.pelitaraya.org
 

TRY OUT UN SMA
TAHUN  PELAJARAN  2010 / 2011


Mata Pelajaran    : Bahasa dan Sastra Indonesia
Program Studi    : IPA
Hari/Tanggal       :
Jam                   :

Petunjuk :        Hitamkan pada Lembar Jawaban Komputer (LJK) Anda  A, B, C, D, atau  E  yang kamu anggap paling benar dari soal dibawah ini :
 
1.        Pemanasan global yang memicu perubahan iklim tidak terelakkan dan sedang berlangsung. Penyebabnya adalah penggunaan bahan baker fosil yang terus-menerus menyemburkan emisi melalui cerobong dan knalpot. Para ilmuwan memperkirakan bahwa pada abad ini terjadi peningkatan suhu global antara 2,4 dan 5,8 derajat Celsius, bergantung pada volume bahan baker fosil yang dibakar dan kepekaan system iklim menghadapinya. Bahan baker fosil seperti minyak, batu bara, dan gas sebagai sumber energi menghasilkan gas CO2 yang dilepaskan ke atmosfer sebagai sisa pembakaran. Gas tersebut beserta gas-gas lain menumpuk, menyelimuti bumi, dan menghalangi radiasi panas matahari yang seharusnya dikembalikan ke angkasa. Radiasi panas dipantulkan kembali ke bumi, diserap dipermukaan, dan menimbulkan fenomena yang disebut efek gas rumah kaca. Efek gas rumah kaca yang terjebak di atmosfir itulah yang meningkatkan secara drastis temperature dipermukaan bumi sehingga terjadi pemanasan global. Penggunaan bahan fosil secara besar-besaran telah menyumbangkan 37 persen dari total emisi CO2 di Indonesia. Angka tersebut akan terus meningkat jika tidak ada upaya menghentikan atau mengurangi penggunaan energi fosil.

Berdasarkan isi teks tersebut, pernyataan berikut ini benar, kecuali
A. Efek gas rumah kaca terjadi karena radiasi panas matahari di bumi tidak dapat dikembalikan ke angkasa akibat terhalang gas CO2.
B. Pemakaian bahan baker fosil menghasilkan CO2 yang dapat menghalangi radiasi panas matahari kembali ke angkasa.
C. Menurut perhitungan para ilmuwan, temperature udara naik 1,4 sampai 5,8 derajat Celcius setiap abad.
D. Lebih dari sepertiga total emisi CO2 di Indonesia disebabkan oleh pemakaian bahan baker fosil.
E. Pemanasan global dapat dikembalikan dengan mengurangi pemakaian energi fosil.

2.        Memang, pasar beras telah banyak berubah selama sepuluh tahun terakhir. Akan tetapi, pasar gabah pada musik panen raya selama empat bulan, pasokannya begitu besar (sekitar 50% luas panen). Petani yang jumlahnya 11,3 juta orang harus menjual gabah segera untuk berbagai keperluan. Alam juga tidak bersahabat, terlalu basah karena hujan sehingga dapat menurunkan kualtias, sedangkan pihak penggilingan swasta, 95% di antaranya masih mengandalkan penggilingan tua dan kecil-kecil serta kapasitas gudang yang terbatas. Akibatnya. Kelebihan produksi gabah tidak tertampung sehingga jatuhnya harga pasti terjadi.

Pernyataan berikut ini yang tidak sesuai dengan isi paragraf di atas adalah ...
A. Pasar beras senantiasa berubah dalam sepuluh tahun terakhir.
B. Tidak semua petani hidup dari menjual gabah.
C. Alam dapat mempengaruhi kualtias beras.
D. Kelebihan produksi gabah dapat menurunkan harga gabah.
E. Pasar gabah pada musim panen raya belum seperti yang diharapkan.

3.        Kondisi kota-kota besar pascapeperangan mengalami kerusakan. Dalam beberapa sektor, terutama sektor industri, beberapa kota besar telah mengalami kemajuan yang luar biasa. Masa-masa rekonstruksi setelah kota-kota dilanda peperangan telah menjadi tujuan bagi masyarakat desa yang ingin mengadu nasib di kota. Urbanisasi menajdi akibat kemajuan kota yang pesat itu. Selain itu, pulihnya keamanan di kota pascaperang dan beroperasinya kembali perusahaan-perusahaan besar telah menjadi faktor yang turut mempengaruhi peningkatan jumlah penduduk di kota.

Kalimat yang tidak logis dalam paragraf tersebut adalah ...
A. pertama                       D.keempat
B. kedua                          E.kelima
C. ketiga

4.        kalimat-kalimat berikut ini termasuk kalimat yang baik dan benar, kecuali ...
A. Hal tersebut bukan semata-mata karena pertimbangan ekonomi itu sendiri, melainkan bertalian dengan pertimbangan-pertimbangan citra (harga) diri.
B. Ia merupakan manifestasi etos budaya setempat yang “menomorsatukan” soal kehormatan dan martabat di mata masyarakat.
C. Penataan diri tidak bergantung pada citra diri mereka masing-masng di tengah masyarakat, tetapi terkait dengan pemilikan sumber-sumber kehormatan.
D. Pemilik sumber-sumber kehormatan lebih bersifat instrumental, yaitu sebagai sarana mendapatkan kehormatan di tengah masyarakat.
E. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa budaya kerja merupakan agensi yang dilatarbelakangi pertimbangan yang bersifat strategic.

5.        Kalimat berikut ini yang termasuk kalimat baku adalah ...
A. Dalam menghadapi tokoh masyarakat yang keras, mengalah dan rendah hati merupakan cara terbaik karena hal yang demikian dapat meluluhkan hati mereka.
B. Untuk mewujudkan program-program yang telah disosialisasikannya, memerlukan biaya sangat besar sampai-sampai ia menjual rumah dan pekarangannya.
C. Ketika menghadapi permasalahan yang sangat serius dan menyita pikiran, mengharuskan seseorang lebih mendekatkan diri pada Tuhan.
D. Kepada siapa pun yang diberi bantuan tidak berhak untuk menolak atau mengalihkannya kepada pihak lain tanpa seizing Kepala Desa.
E. Dalam pertemuan kemarin, hanya dia yang mengharapkan untuk dilakukan pertemuan lagi guna memantapkan program yang masih ngambang.

6.        Awal era satelit di Indonesia digagas oleh Prof. Iskandar Alisjahbana pada 14 September 1968. Kemudian, dimulailah proyek satelit Indonesia Palapa A1 pada 8 Juli 1976. Saat itu, Indonesia dapat membusungkan dada kepada bangsa lain, bakan kepada Cina dan India yang sudah raksasa ekonomi. Indonesia tercatat sebagai Negara ketiga, setelah Kanada dan Amerika Serikat, yang memiliki system komunikasi satelit domestic (SKSD). SKSD Palapa diresmikan Presiden Soeharto pada 16 Agustus 1976. Layanan yang diberikan pada waktu itu hanya terbatas pada televise dan SLJJ di 40 kota di Indonesia. Akan tetapi, hal itu sudah menjadi batu loncatan teknologi bagi Negara yang saat itu pendapatan per kapitanya 125 dola AS.

Topik teks tersebut adalah …
A. Peluncuran SKSD Palapa A1 pada 8 Juli 1976.
B. Peresmian SKSD Palapa oleh Presiden Soeharto.
C. Sistem komunikasi satelit domestic pertama miliki Indonesia.
D. Keterbatasan jenis layanan SKSD Palapa.
E. Keunggulan bangsa Indonesia dalam membuat satelit.

7.        Kalimat berikut yang memenuhi syarat kepaduan adalah …
A. Apabila Jaksa Agung ingin menggunakan hak hokum yang tersedia, tetap bisa dilakukan.
B. Jika kita tidak memperhatikan secara cermat, akan sulit menunjukkan salahnya.
C. Dalam penyusunan skripsi, mengumpulkan data merupakan aktivitas yang harus dilakukan.
D. Untuk mengembangkan naskah pidato yang baik, mempersyaratkan seseorang memiliki wacana yang luas.
E. Karena alasannya tidak masuk akal, pihak jaksa sebagai penuntu umum tidak menerima.

8.        Setiap komunitas social masyarakat tutur etnik memiliki bahasa dan budaya. Mereka melakukan praktek berbahasa yang sekaligus juga menjalankan praktek berbudaya. Aktivitas tersebut terwujud dalam praktek social budaya. Dalam menjalankan praktek social budaya ini, komunitas social menciptakan produk bahasa produk budaya. Salah satu bentuk produk tersebut adalah lagu-lagu daerah.

Untuk meneliti masalah apakah lagu daerah menggambarkan budaya komunitas social, judul penelitian yang paling tepat adalah…
A. Lagu-Lagu Daerah sebagai Cerminan Budaya Komunitas Sosial Masyarakat Timur
B. Komunitas Sosial Masyarakat tutur dan budayanya dalam lagu-lagu daerah
C. Ekspresi Budaya komunitas Sosial Masyarakat Tutur dalam Lagu-Lagu Daerah
D. Ekspresi Budaya dalam Lagu-Lagu Dareah
E. Lagu-Lagu Daerah sebagai Produk Budaya Komunitas Sosial Masyarakat Tutur

9.        JIka sedang berada di bandara, sesekali perhatikanlah menara pengatur lalu lintas udara (Air Traffic Cotreller atau ATC) di bandara. Tanpa menara pematau ini, urusan penerbangan bisa kacau karena pesawat akan saling senggol, saling serempet, hingga saling tabrak di udara. Saat menanjak di area sekitar bandara, jarak horizontal antarpesawat tidak boleh kurang dari 3 mil (sekitar 5 kilometer), sedangkan jarak vertical tidak boleh kurang dari 1.000 kaki (sekitar 300m). saat melayang di angkasa bebas, jarak horizontal minimal 8 km, sedangkan jarak vertical minimal 600 m.

Generalisasi yang tepat untuk melengkapi paragraph tersebut adalah …
A. Menara inilah yang mengatur jarak minimal antarpesawat.
B. ATC sangat penting di bandara.
C. Jarak horizontal dan vertical antar pesawat harus diatur.
D. Antarpesawat harus diatur supaya tidak saling senggol dan tidak saling tabrak.
E. Karenanya, di bandara selalu ada ATC.

10.     Setelah dibersihkan oleh seorang terapis, wajah pasien mulai diurut perlahan dengan memakai minyak herbal, lalu dibilas. Selanjutnya, wajah pasien diolesi adonan masker yang terbuat dari campuran bubuk sandalwood merah yang berkhasiat melembutkan dan meremajakan kulit ……
Untuk membuka pori-pori kulit, wajah pasien diuapi dengan uap rempah-rempah selama 5 menit, dan terakhir diolesi minyak lagi untuk menjaga kelembapan kulit.

Kalimat yang paling tepat untuk melengkapi bagian rumpang (kosong) pada teks tersebut ialah ….
A. Setelah pengeringan, bilas wajah pasien, kemudian kembali diolesi krim sambil memijat.
B. Setelah kering, wajah pasien dibilas, lalu kembali mengolesi krim sambil memijat.
C. Setelah kering, wajah pasien dibilas, lalu kembali diolesi krim sambil dipijat.
D. Setelah mengeringkan, membilas, wajah pasien kemudian mengolesi krim sambil dipijat.
E. Setelah dikeringkan, wajah pasien dibilas, lalu kembali mengolesi krim sambil memijat.

11.     Saya melihat dengan mata kepala saya sendiri bahwa orang itu bekerja seharian dari pagi sampai petang.
Kalimat di atas adalah kalimat yang tidak hemat kata. Kalimat berikut adalah kalimat hemat kata yang mewakili maksud kalimat di atas, yaitu …
A. Saya melihat orang itu bekerja.
B. Saya melihatnya bekerja seharian.
C. Saya melihat dengan sendirinya orang itu bekerja seharian.
D. Saya melihat sendiri orang itu bekerja seharian.
E. Saya melihatnya bekerja dari pagi sampai sore.

12.     Kalimat berikut yang tanpa kata mubazir adalah ….
A. Hampir semua kura-kura itu dijual dengan harga semurah-murahnya.
B. Semua masalah-masalah itu perlu segera didiskusikan.
C. Berita tentang segerombolan sapi-sapi yang akan dimusnahkan itu sangat mencemaskan.
D. Daftar nama-nama siswa ditempel di papan pengumuman.
E. Festival itu diikuti oleh sekelompok ibu-ibu dari Dharma Wanita berbagai wilayah.

13.     Pengulangan subjek kalimat dapat ditemukan dalam kalimat ….
A. Peserta seminar yang dating dari Singapura menginap di hotel ketika berada di Jakarta.
B. Pengunjung segera meninggalkan arena pameran setelah mereka melihat-lihat berbagai hasil kerajinan.
C. Symposium itu diadakan di Yogyakarta dan membicarakan persoalan pemilu.
D. Pegawai itu segera mengubah rencananya setelah bertemu dengan kepaa kantor.
E. Masyarakat tidak hanya diingatkan pada kewajibannya, tetapi juga diberi kesempatan untuk memperjuangkan haknya.

14.     Jaminan dan perlindungan hokum terhadap hak-hak asasi warga Negara yang secara tegas diatur di dalamnya harus mendapat penghormatan yang setinggi-tingginya.

Kalimat di atas mempunyai pola dasar yang sama dengan …
A. Ayah seorang pengacara.
B. Anak itu berlari kencang.
C. Pengemis itu sangat malas.
D. Pengacara itu membela kliennya.
E. Perampok itu telah diciduk oleh petugas keamanan.

15.     (a) Kondisi ekonomi di Indonesia saat ini cukup baik. (b) Hal ini dapat dilihat dari berbagai usaha, baik jasa maupun barang yang berkembang pesat. (c) Salah satunya adalah usaha minimarket yang merupakan bisnis pelayanan. (d) Untuk usaha ini banyak didirikan di daerah yang jauh dari keramaian kota. (e) Fasilitas ini sangat membantu masyarakat dalam mencukupi kebutuhan sehari-hari, seperti sembako dan peralatan rumah tangga sehingga proses akan distribusi barang dari produsen ke konsumen akan semakin mudah.

Dalam alinea tersebut terdapat kalimat yang strukturnya salah. Kalimat yang dimaksud adalah ….
A. kalimat (a)                   D. kalimat (d)
B. kalimat (b)                   E. kalimat (e)
C. kalimat (c)

16.     Kalimat-kalimat berikut merupakan kalimat majemuk, kecuali ….
A. Indonesia berjuang melawan kemiskinan agar lebih banyak orang jadi sejahtera.
B. Udara di Bogor dingin; udara di Jakarta panas.
C. Kami menempuh ujian Semester Genap agar kami dapat naik kelas.
D. Surat kabar memberitakan semua kejadian di tanah air kita ini.
E. Surat kabar yang terbit pagi ada tiga, sedangkan surat kabar yang terbit sore ada dua.

17.     Kalimat yang mengandung gabungan kata yang berpola sama dengan rendah hati terdapat dalam kalimat …
A. Tindakan yang luar biasa harus diambil untuk memulihkan keamanan di daerah itu.
B. Sudah lama orang tuanya berdagang barang pecah-belah.
C. Sanak saudaranya selalu mengirim berita mengenai keadaan negeri leluhurnya.
D. Buruh perusahaan itu berunjuk ras menuntut kenaikan upah.
E. Orang itu memang tampan, tetapi ia panjang tangan.

18.     Susunlah ketujuah rangkaian kata berikut sehingga menjadi sebuah kalimat!
  1. tulus terhadap masyarakat pendatang
  2. beberapa pepatah itu
  3. keterbukaan dan penerimaan
  4. dan tamu yang dimaksud
  5. menjadi falsafah keakraban
  6. bahwa masyarakat di desa ini
  7. yang mencerminkan
Susunan yang benar adalah …
A. 6-7-2-5-3-1-4                              D.2-5-6-7-3-1-4
B. 3-5-6-7-2-1-4                              E.6-4-1-5-2-7-3
C. 3-5-2-7-6-1-4

19.     Dalam penelitian ini, kelakar dan teka-teki-termasuk bentuk-bentuk sindirian-yang terdapat dalam masyarakat nelayan di pantai selatan bagian timur Pulau Jawa tidak diteliti dari bentuk lingustiknua tetapi juga didekati dari norma-norma dan nilai-nilai budaya nelayan yang mendasarinya.

Dalam kalimat di atas, terdapat kesalahan penulisan ejaan, yakni ….
A. tanda pisah (. . .) seharusnya diganti tanda koma (, … ,)
B. sebelum tanda tetapi diberi tanda koma (,)
C. kata pantai selatan seharusnya ditulis Pantai Selatan
D. setelah Pulau Jawa diberi tanda koma (,)
E. kata timur seharusnya ditulis Timur.

20.     Kalimat yang menggunakan tanda baca dengan benar adalah ….
A. Studi ilmu sosial, di luar negeri; tidak banyak bedanya dengan ekspor kayu dari Indonesia.
B. Dicari segera; Kepala Pabrik, Kepala Gudang, dan Kepala Adminsitrasi.
C. Artikel tersebut terdapat dalam majalah GAUNG No.123 tahun 1992, Hlm. 12-34.
D. Setelah memukul gong, Kepala Negara lalu bertepuk tangan.
E. Mata pelajaran bahasa Indonesia dianggap sama sulitnya dengan mata pelajaran matematika dan fisika.

21.     Bab ke-3 UU No.4 tahun 1974 mengatur kesejateraan anak secara terperinci. Pada bab selanjutnya diatur hak-hak anak yang harus dipenuhi. Dalam Bab IV ini juga diatur cara pemenuhan hak anak. Semua bab tersebut, secara umum, mengatur perlindungan anak dan hak asasi anak. Telah banyak perundang-undangan yang ditetapkan pemerintah untuk melindungi hak anak Indonesia.

Penulisan yang kurang tepat terdapat pada ….
A. kalimat 1                                      D. kalimat 4
B. kalimat 2                                      E. kalimat 5
C. kalimat 3

22.     Kata-kata yang dicetak miring di bawah ini adalah kata-kata serapan yang ditulis secara benar, kecuali ….
A. Zoologi  adalah cabang ilmu biologi.
B. Konggres itu berlangsung selama dua hari.
C. Bangsa Indonesia sedang mengalami transformasi dari budaya agraris ke budaya industri.
D. Proses akulturasi budaya di Indonesia berlangsung dengan perlahan-lahan.
E. Arya membeli akuarium di toko itu.

23.     Makna pasif yang ditimbulkan dari pemakain awalah ter- dapat ditemukan dalam kalimat berikut, yaitu ….
A. Kesempatan menjadi pegawai negeri baru sekarang telah tertutup baginya.
B. Jika terus naik, ongkos perjalanan rumah tempat bekerja bapak  tidak akan terbayar lagi.
C. Karena lapar, malam itu ia tertidur di kursi tunggu rumah sakit.
D. Dengan terbatuk-batuk mereka mengemasi dagangannya di depan pasar.
E. Bencana tsunami awal tahun ini adalah yang terberat menimpa Indonesia.

24.     Arti akhiran-I dalam melewati pada kalimat masalah lingkungan hidup melewati batas-batas serupa dengan akhiran dalam kalimat …
A. Setiap hari petani mengairi sawahnya.
B. Setelah upacara selesai, mereka memasuki ruang siding.
C. Seharusnya kita dapat menghargai jasa orang lain.
D. Anak-anak melempari pohon mangga yang sarat buahnya.
E. Bapak Gubenur menugasi bawahannya tugas tertentu yang berat.

25.     Kanker perut kini masih menjadi penyebab kematian tertinggi kedua ini …. dalam beberapa decade terakhir ini, jumlah kasusunya cenderung menurun …. mungkin terjadi karena tingginya konsumsi buah-buahan dan sayuran segar, serta berkurangnya kandungan garam dalam makanan akibat proses pendinginan. ….., di negeri ini kasus kematian akibat kanker perut masih menjadi masalah utama yang harus diatasi.

Kalimat perangkai untuk melengkapi paragraph di atas yang benar adalah …
A. namun, hal itu, akan tetapi
B. meskipun demikian, oleh sebab itu, dengan demikian
C. sedangkan, akibatnya, jadi
D. namun, akibatnya, jadi
E. adapun, namun, dan bahkan

26.     Sektor pertanian akan tetap memegang peranan yang strategis dalam PJP II. Sektor ini masih akan merupakan sumber mata pencaharian utama dari sebagiab besar angkatan kerja, di samping fungsinya untuk memenuhi kebutuhan pangan rakyat yang terus meningkat. Karena itu, sector pertanian tetap harus ditumbuhkan terutama dengan meningkatkan produktivitasnya.

Berdasarkan konjungsi antarkalimat, alinea di atas dikembangkan dengan …
A. menghubungkan sebab akibat
B. memberika contoh
C. membuat analogi
D. mengadakan perbandingan
E. merinci masalah

27.     Karena kedekatannya dengan penguasa, ia mendapat tender yang menguntungkan. Fungsi ke-an pada kedekatan sejenis dengan ke-an dalam kalimat ….
A. Sila pertama dasar Negara kita adalah ketuhanan Yang Maha Esa.
B. Kecantikan dikagumi oleh semua orang.
C. Perusahaan yang baru dirintis itu kebanjiran order.
D. Karena kelelahan, akhirnya ia tidur di atas sofa.
E. Siswa yang kesiangan akan dijatuhi sanksi.

28.     Alinea penutupan pada surat resmi berikut ini yang sesuai dengan kaidah baku bahasa Indonesia adalah ….
A. Demikian harap dimaklumi dan kami tunggu khabar selanjutnya.
B. Demikian agar maklum hendaknya.
C. Harapan kami semoga kerja sama ini dapat ditingkatkan.
D. Mudah-mudahan bahan pertimbangan ini bermanfaat.
E. Demikian agar instruksi ini Bapak melaksanakan dengan penuh rasa tanggung jawab.

29.     Jika suatu surat resmi tidak disertai lampiran, penulisan yang tepat adalah ….
A. Nomor         : 2932/SP/K9/IX/2011
Lampiran     :-
Perihal         : Pemberitahuan
B. Nomor         : 2932/SP/K9AX/2011
Lampiran     :0
Perihal         : Pemberitahuan
C. Nomor         : 2932/SP/K9AX/2011
Lampiran     : tidak ada
Perihal         : Pemberitahuan
D. Nomor         : 2932/SP/K9/IX/2011
Lampiran     : kosong
Perihal         : Pemberitahuan
E. Nomor         : 2932/SP/K9/IX/2011
Perihal         : Pemberitahuan

30.     Kalimat di bawah ini yang paling santun untuk menyanggah pendapat seseorang ketika berdiskusi ialah ….
A. Saya tidak setuju dengan pendapat Saudara karena kurang didukung fakta dan data yang logis.
B. Saya menolak pendapat Saudara.
C. Saudara harusnya memikirkan apa yang akan Saudara katakana, jangan asal bicara.
D. Saudara sungguh tidak logis.
E. Saya rasa pendapat Saudara sangat mustahil untuk dilaksanakan.

31.     Pernyataan yang tepat diungkapkan oleh pemandu diskusi dalam membuka diskusi tentang “peranan bahasa Indonsia dalam persatuan dan kesatuan bangsa” adalah ….
A. Saudara-Saudara, mari kita mulai membicarakan masalah “peranan bahasa Indonesia dalam persatuan dan kesatuan bangsa”.
B. Saudara-Saudara, marilah kita mulai diskusi pagi ini dengan topic “peranan bahasa Indonesia dalam persatuan dan kesatuan bangsa”.
C. Saudara-Saudara, marilah kita awali diskusi tentang “peranan bahasa Indonesia dalam persatuan dan kesatuan bangsa”.
D. Saudara-Saudara, terima kasih dan marilah kita buka diskusi tentang “peranan bahasa Indonesia dalam persatuan dan kesatuan bangsa”.
E. Saudara-Saudara, terima kasih atas kehadirannya dan segera kita mulai diskusi tentang “peranan bahasa Indonesia dalam persatuan dan kesatuan bangsa”.

32.     Perhatikan tabel di bawah ini!
Migrasi Risen
Th. 2000
%
Th. 2010
%
Total
3.724.319

5.251.205

Masuk ke provinsi di Jawa
1.804.115
48,4
3.058.725
58,2
Keluar provinsi di Jawa
2.402.557
64,5
3.416.923
65,1
Pernyataan yang tepat yang berkaitan dengan tabel di atas adalah ...
A. Migrasi Risen yang masuk ke provinsi di Jawa lebih kecil daripada yang keluar dari provinsi di Jawa.
B. Migrasi Risen yang keluar dari provinsi di Jawa tahun 2000 lebih besar daripada tahun 2011.
C. Secara umum, Migrasi Risen yang masuk dan keluar dari provinsi di Jawa antara tahun 2000 sampai tahun 2011 masih tetap seimbang.
D. Migrasi Risen yang keluar dan masuk seimbang.
E. Migrasi Risen yang masuk provinsi di Jawa mengalami penurunan.

33.     Laut mana tak berombak, bumi mana tak ditimpa hujan.
Peribahasa di atas mempunyai arti ….
A. Setiap oang pernah berbuat salah walaupun kecil
B. Orang kaya banyak uangnya.
C. Pengeluaran lebih besar daripada pendapatan.
D. Orang yang ditimpa kemalangan berturut-turut.
E. Di mana kita tinggal, di situ kita hormati adat dan istiadat.

34.     Pada saat UMPTN, kedua orang tua Julkono sangat berbahagia karena Julkono dinyatakan diterima disalah satu perguruan tinggi negeri. Akan tetapi Julkono tidak puas sebab ia diterima di pilihan kedua. Julkono tetap ingin masuk pada pilihan pertama, yaitu kedokteran. Ketika penjaringan gelombang kedua, Julkono ikut tes lagi. Harapannya, ia masuk kedokteran. Akhirnya keluarlah pengumuman dan Julkono tidak diterima.
Peribahasa yang tepat untuk ilustrasi di atas adalah ….
A. Ssperti pungguk merindukan bulan.
B. berakit-rakit dahulu, berenang-renang ke tepian.
C. sepandai-pandai tupai melompat, sekali-kali jatuh juga.
D. bermain air basah, bermain api panas.
E. harapkan burung terbang tinggi, punai ditangan dilepaskan.

35.     Ervina : “bagaimana kabar Fremgky, sepupumu?”
Badri   : “Entah. Sejak merantau ke luar negeri, dia tidak pernah mengirimkan kabar.”
Ervina :”Kalau begitu, Kita berdoa saja semoga dia sehat.”
Peribahasa yang tepat untuk mengisi rumpang di atas adalah ….
A. Seperti batu jatuh ke lunuk.
B. Berguru ke padang datar, bagai bunga kembang tak jadi.
C. Bagai menyurat di atas air.
D. Indah kabar dari rupa.
E. Setinggi-tinggi bangau terbang surutnya ke kubangan juga.

36.     Kalimat berikut yang mengandung gaya bahasa metafora adalah …
A. Buku-buku jenis inilah yang diharapkan dapat menghibur anak-anak.
B. Dewi malam sebentar-bentar tampak bersembunyi di balik awan yang berjalan perlahan.
C. Saya yakin benar sebab saya telah melihat dengan mata kepala sendiri.
D. Beruntung benar anak itu dimana pun ia selalu selamat.
E. Pekik “merdeka” mengguntur membelah angkasa.

37.     Gaya bahasa paradoks terdapat dalam larik puisi ….
A. Baru sekarang setelah mati// aku sadar ingin bicara memberikan kesaksian. (W.S Rendra, “Kesaksian Bapak Sajiah”)
B. Habis kikis// segala cintaku hilang terbang. (Amir Hamzah, “Pada-Mu Jua)
C. Ombak berdesir// di tepi pantai// suka lagu// dicium syamsu. (Sanusi Pane, “ke Pantai”)
D. Tuhanku// dalam termangu// aku masih menyebut nama-Mu. (Chairil Anwar, “Doa”)
E. Sepanjang mata biji saga// Tajam tangannya berlancip gobang. (Ajip Rosidi, “Jante Arkidam)

38.     Proses pembangunan tidak saja menumbuhkan nilai-nilai kemanusiaan, tetapi juga menimbulkan banyak masalah baru.
Kalimat di atas menggunakan gaya bahasa ….
A. personifikasi
B. metafora
C. hiperbola
D. metonimia
E. ironi

39.     Perhatikan kalimat penalaran berikut ini
  1. Tumbuh-tumbuhan membutuhkan air untuk tumbuh. Hidup dan berkembang biak.
  2. Binatan membutuhkan air untuk minum dan berkembang biak.
  3. Manusia membutuhkan air untuk minum, mandi, mencuci, dan memasak.
Kesimpulan: tumbuh-tumbuhan, binatang, dan manusia membutuhkan air.
Kesimpulan di atas diambil dengan cara ….
A. deduktif                        D. analogi
B. induktif                         E.sebab-akibat
C. korelatif

40.     Perhatikan Premis Umum dan Khusus berikut ini!
Premis Umum:   Semua karyawan secara otomatis menjadi anggota koperasi.
Premis Khusus:   Satu keluarga, kecuali Rena, menjadi karyawan.
Kesimpulan      : .....
Kesimpulan yang tepat untuk mengisi bagian yang rumpang adalah...
A. Rena termasuk anggota koperasi.
B. Secara otomatis, Rena juga menjadi anggota koperasi.
C. Rena menjadi bagian dari keluarga karyawan.
D. Hanya Rena dan satu keluarga yang bukan anggota koperasi.
E. Keluarga Rena adalah anggota koperasi.

41.     Industri adalah salah satu sumber pencemar lingkungan.
Pengilangan minyak adalah salah satu industri.
Jadi, pengilangan minyak harus ditutup.
Kesalahan silogisme di atas terletak pada ….
A. premis mayornya                         D.pola silogismenya
B. premis minornya                          C.kedua premisnya yang positif
C. konklusinya

42.     Dengan demikian, tak usahlah di sini saya katakana lagi bahwa pembabakan waktu sejarah sastra selalu bersifat nisbi. Kenisbian itu bukan hanya menjadi cirri khas pembabakanwaktu sejarah sastra (Indonesia) saja, tetapi juga menjadi cirri umum periodisasi sejarah.
Dilihat dari isinya, kutipan di atas dikutp dari karangan ….
A. cerita pendek                               D.resensi
B. esai                                              E.kritik
C. novel

43.     Sulit sekali menemukan kekurangan pada buku ini. Semua unsur yang seharusnya dimiliki karya fiksi terpenuhi dalam buku ini. Bagi siswa yang tidak senang membaca karya sastra, memang buku ini tidak begitu menarik sebab novel ini serius dan tidak cukup menghibur.

Masalah yang dinilai dalam penggalan resensi tersebut adalah …
A. kekurangan novel yang diresensi
B. keunggulan novel yang diresensi
C. daya tarik dari novel yang diresensi
D. segi keseriusan dalam novel yang diresensi
E. kekurangan dan kelebihan novel yang diresensi

44.     Sejalan dengan pembahasan tentang pola retorika, Wahab (1991:39) menjelaskan bahwa bentuk retorika dilandasi oleh logika yang muncul dalam setiap budaya. Karena itu, retorika suatu budaya berbeda dengan retorika budaya lain. Dengan mengutip pendapat Kaplan, Wahab mengemukakan model-model retorika, meliputi (a) retorika model Anglo-Saxon, (b) retorika model Semitik (Arab Persia), (c) retorika model Asia, (d) retorika model Franco-Italian, (e) retorika model Stanik. Pada bagian kesimpulan artikel yang berjudul “Cerminan Budaya dalam Bahasa: Kasus Retorika Indonesia”, Wahab mengemukakan temuan penelitiannya bahwa retorika Indonesia menggunakan pencampuradukan bentuk.

Dalam karya ilmiah, kutipan di atas merupakan penggalan dari bagia ….
A. pendahuluan                               D.kesimpulan
B. hasil analisis                 E.kerangka teori
C. pembahasan

45.     Jika dibandingkan dengan film berkekuatan efek special yang digarap Emmerich lainnya, The Day After Tomorrow mengangkat gagasan dasar yang lebih menyentuh amukan alam karena perilaku tak ramah manusia. Sayangnya, logika cerita kurang terbangun secara memadai karena tidak disertai penjelasan tentang percetapan kerusakan alam yang berlangsung sangat eksterm. Walaupun demikian, film tersebut paling tidak sudah memulai adanya gebrakan terhadap kecerobohan adanya gebrakan terhadap kecerobohan manusia.

Berdasarkan teknik penulisannya, bentuk teks di atas adalah ….
A. artikel                                           D.resensi
B. iklan                                             e. reportase
C. pengumuman

46.     1943
Racun berada direguk pertama
Membusuk rabu terasa di dada
Tenggelam darah dalam nanah
Malam kelam membelah
Halan kaku lurus. Putus
Candu
Tumbang







Puisi Charil Anwar tersebut berjudul “1943”. Angka itu menunjukkan …
A. ulang tahun penyair yang penuh putus asa itu.
B. jumlah penderita yang disaksikan penyair
C. suasana zaman penjajahan Jepang
D. perjuangan melawan penjajahan Jepang
E. suasana menjelang proklamasi kemerdekaan

47.     Hatiku terang menerima katamu, bagai binatang memasang lilinnya. Kalbuku terbuka menunggu kasihmu, bagai sedao malam menyerak kelopak. Aduh. Kekasihku, isi kalbuku dengan katamu, penuhi dadaku dengan cahayamu, biar bersinar mataku sendu, biar berbinar gelakku rayu!
(Amir Hamzah)
Yang dimaksud oleh pengarang dengan kekasihku pada puisi di atas adalah ….
A. gadis                                            D.cita-cita
B. tanah air                                      E.kemanusiaan
C. Tuhan

48.     Rumahku sekarang kecil … Tetapi cukup baku. Aku toh selalu di luar, dalam alam terbuka … juga waktu musim hujan. Aku ikut menari dengan hujan, berdendang dengan suara-suara butir-butir menitik itu. Aku senang sinar sang surya. Tetapi, kurasa juga hujan. Betapa indahnya pohon-pohon sesaat sesudah redanya hujan. Berkalungkan manikam-manikam bening yang menyala seribu warna bila disentuh cahaya cerah mentari.
     (Raumanen,Mariane Katoppo)
Unsur instrinsik yang dominant dalam kutipan novel di atas adalah…
A. latar dan sudut pandang             D.alur dan tema
B. latar dan penokohan                   E.tema dan gaya bahasa
C. amanat dan alur

49.     Ombak ria berkejar-kejaran
Di gelandang birudi tepi langit
Pasir rata berulang dikecup
Tebing curam ditantang diserang
Dalam bergurau bersama angina
Dalam berlomba bersama mega
                                        (S.T. Alisyahbana)
Berdasarkan jumlah barisnya, puisi di atas termasuk …..
A. terzina                         D.soneta
B. sektet                           E.kuintet
C. septima

50.     Sembilan tahun sudah kini, aku dan Alice menikah. Tiga anak telah kami miliki, dua laki-laki dan satu perempuan. Kami tinggal dipinggiran kota, dan mendengarkan musik klasik dan PH-nya Frangky Laine. Penghabisan kali kami pertengkaran bahwa terlalu jauh untuk mengingat-ingat. Kami sepakat dalam setiap hal. Dia adalah seorang istri yang baik dan jika aku boleh mengatakannya juga, aku pun seorang suami yang baik. Perkawinan kami sempurna. Kami akan bercerai bulan depan. Aku tak kuasa menahannya.

Kata-kata sifat yang tepat untuk dijadikan larik puisi sesuai dengan suasana yang digambarkan di atas adalah …
A. sedih, haru, indah                        D.lama, sepi, bahagia
B. biasa, tenang, sepi                      E.indah, senang, terharu
C. bahagia, damai, sedih




Tidak ada komentar:

Posting Komentar